Sukses

Parenting

6 Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Punya Anak

Memiliki anak adalah impian pasangan yang sudah menikah. Kadang pasangan yang belum memiliki anak hanya berpikir anak cukup diberi makan saja dan akan tumbuh dengan sendirinya. Padahal anak butuh lebih dari itu. Ada beberapa persiapan yang sebaiknya Anda lakukan bersama pasangan sebelum memiliki anak.

Inilah beberapa hal yang akan membuat Anda siap ketika sudah memiliki anak dan tidak akan kaget. Memiliki anak tak sekedar hamil, melahirkan dan memberi makan, karena tumbuh kembang anak baik fisik maupun mental adalah tanggung jawab orang tua.

    Pastikan Anda dan Pasangan Siap

    Sebelum memiliki anak, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda siap? Apakah Anda siap bangun malam untuk mengganti popok, berkurang waktu untuk bersenang-senang dan mengutamakan anak dibanding diri Anda sendiri? Begitu juga dengan pasangan, apakah dia sudah siap mendapat tanggung jawab baru? Tak hanya bertanggung jawab terhadap istrinya, tetapi juga anak-anaknya.

    Perkuat Karir Dan Finansial

    Memperkuat karir biasanya dilakukan suami, namun di kalangan wanita juga tak ada salahnya memperkuat posisi di kantor. Memang tidak ada jaminan bahwa selamanya Anda akan bekerja di kantor, namun kepastian karir akan membuat pemasukan finansial lebih pasti, beserta tunjangan untuk anak. Kalaupun Anda memutuskan untuk tidak bekerja setelah melahirkan, mulailah melirik jenis usaha lain, kuliner, jualan online atau wirausaha yang bisa dikerjakan sambil menjadi ibu rumah tangga.

    Mulai Menabung

    Sekarang Anda tidak bisa lagi menunda menabung, Anda harus semakin berhemat karena anak-anak membutuhkan perawatan yang tidak sedikit. Biaya cek kehamilan, melahirkan, membeli perlengkapan bayi dan rencana keuangan pendidikan anak mulai harus dipikirkan. Semakin cepat Anda menabung untuk buah hati, akan semakin baik.

    Tanya Orang Tua Anda

    Jika Anda ingin tahu bagaimana suka duka menjadi orang tua, tanyakan pada orang tua atau mertua Anda. Pengalaman mereka sudah pasti lebih banyak. Walaupun beda generasi, Anda bisa mendengar nasihat-nasihat mereka tentang pola pengasuhan anak. Kadang ada beberapa pola pengasuhan masa lalu yang masih diterapkan hingga sekarang.

    Traveling

    Anda masih punya impian mengunjungi negara tertentu atau traveling ke suatu tempat? Lakukan sekarang! Karena setelah memiliki anak, sangat sedikit waktu yang bisa Anda luangkan untuk pergi seorang diri atau berdua saja dengan suami. Ingin mencoba kuliner unik di Thailand atau menikmati udara gunung Bromo yang segar? Inilah saat yang tepat untuk mewujudkan impian Anda sebelum memulai impian sebagai orang tua.

    Perbanyak Informasi Tentang Parenting

    Mulailah membaca buku-buku tentang parenting dan pola pengasuhan anak. Ingat! Anak tidak sekedar makhluk yang diberi makan, mereka juga harus diberi kasih sayang sekaligus disiplin dan pengembangan karakter. Apa yang Anda lakukan pada anak akan membekas hingga mereka dewasa, maka pastikan Anda tidak keliru menerapkan pola disiplin dan pengembangan karakter anak.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memutuskan akan memiliki anak, semoga bermanfaat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading