Sukses

Parenting

Pentingnya Makan Bersama Keluarga di Rumah

Bagi beberapa keluarga, mengusahakan untuk dapat menikmati makan pagi, siang, atau malam bersama keluarga merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Kesibukan masing-masing Anggota keluarga lah yang umumnya menjadi alasan.

Namun, sesulit apapun, sebaiknya Anda mengusahakan untuk berkumpul di meja makan minimal sekali sehari. Karena, seperti yang dilansir Livestrong.com, kegiatan ini memiliki banyak manfaat, Antara lain:

    Pola makan sehat

    Makan makanan rumahan lebih sehat dari membeli makan di luar. Selain itu, dengan makan bersama, Anda dapat mengajarkan tentang pola makan sehat pada anak Anda. Seorang anak yang terbiasa makan di rumah memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki pola makan sehat nantinya.

    Mencegah kebiasaan buruk

    Remaja menghadapi banyak tantangan di luar sana. Kebiasaan buruk seperti merokok, minuman keras, hingga obat-obatan terlarang selalu mengintai mereka untuk menjadi sasarannya. Remaja yang secara rutin berkumpul bersama keluarganya 5 kali dalam seminggu memiliki resiko lebih rendah untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut.

    Prestasi akademis

    Makan bersama tidak menjamin sang anak mendapat nilai A, tetapi kegiatan ini membuat kemungkinan anak untuk berprestasi di sekolah lebih besar. Menurut penelitian, anak yang makan bersama keluarganya 7 kali dalam seminggu rata-rata memiliki prestasi lebih baik di sekolah.

    Mempererat hubungan keluarga

    Kebersamaan dengan keluarga sangat penting. Kebersamaan memberikan rasa aman dan menyatu bagi anak-anak. Makan bersama juga kan melatih anak dalam berkomunikasi dan beretika di depan orang lain.

Meskipun kesibukan Anda penting, keluarga adalah harta Anda yang paling berharga, sempatkanlah waktu Anda untuk bersama dengan kesayangan Anda setiap hari.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading