Sukses

Parenting

Bagaimana Membuat Anak Merasa Spesial Meski Ibu Sibuk Bekerja?

Bunda, tuntutan kehidupan yang kian tinggi membuat para ibu berada pada titik dilematis: tetap bekerja, meninggalkan pekerjaan dan mengurus anak ataukah melakukan keduanya? Keputusan terbaik berada di tangan para ibu dan masih banyak yang merelakan waktu bermain bersama anak tersita oleh berbagai pekerjaan yang musti diselesaikan.

Jika Anda memiliki segudang kesibukan sehingga waktu bertemu anak menjadi berkurang, Anda pun masih bisa memberikan perhatian lebih pada anak-anak kok. Dilansir oleh babble.com, 4 cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk membuat anak merasa spesial sekalipun Anda sibuk bekerja di luar rumah:

    Memberikan Pengertian Pada Anak

    Hal utama yang wajib dilakukan adalah memberikan pengertian pada anak tentang kesibukan yang Anda kerjakan. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti sesuai usianya, misalnya "Ibu akan sibuk di kantor hingga minggu depan jadi Ibu minta kamu sabar menunggu sampai akhir pekan ya." Tak hanya menjelaskan, beri kesempatan anak untuk bertanya dan mengungkapkan apa yang dirasakannya.

    Memberikan Perhatian-Perhatian Kecil

    Barangkali Anda tak memiliki waktu untuk menemaninya nonton film terbaru di bioskop, tetapi bukan berarti Anda kehilangan momen bersama anak. Anda dapatĀ  menyempatkan waktu sarapan bersama atau memberikan pelukan kepadanya sebelum tidur. Momen kebersamaan ini, sekalipun kecil, sangat berharga bagi anak.

    Tunjukkan Perhatian Dengan Cara Kreatif

    Anda mungkin tak bisa bersama-sama dengannya setiap waktu, tetapi Anda bisa mewakilkan kehadiran dengan berbagai cara kreatif. Misalnya, menuliskan pesan yang ditaruh diam-diam di kotak makannya, membelikan DVD film favoritnya atau mengirimkan kue kesukaannya melalui delivery service.

    Rencanakan Waktu Luang

    Tak ada orang yang berharap waktunya tersita hanya untuk pekerjaan. Jadi, rencanakan 1 hari khusus bersama keluarga, tanpa adanya e-mail ataupun telepon urusan pekerjaan. Anda bisa pergi ke tempat wisata bersama atau sekedar maraton nonton film bersama anak di rumah.

Setiap orang tua berharap kehidupan keluarga yang lebih baik. Oleh karena itu orang tua bekerja membanting tulang demi anak-anaknya. Tetapi jangan lupa, memberikan kasih sayang dan perhatian untuk anak juga tak kalah pentingnya. Bagaimana dengan Anda, Bunda, apakah punya cara lain dalam hal memberikan perhatian untuk anak ditengah kesibukan Anda? Yuk bagikan pengalamannya dalam kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading