Sukses

Parenting

Apa Yang Harus Dilakukan Jika si Kecil Takut ke Dokter Gigi?

Bunda, Anda tentunya sudah paham kenapa si kecil begitu rewel ketika Anda harus membawanya ke dokter gigi. Lepasnya gigi susu memang menjadi bagian yang menyakitkan sekaligus mengerikan bagi anak-anak. Ingat bagaimana Anda dulu menangis setiap kali ibu mengajak ke dokter gigi? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan rasa takut si kecil ketika harus melakukan perawatan gigi ke dokter, seperti dilansir dari allowmenstalks.com.

    Bacakan cerita

    Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut anak pada dokter gigi adalah membacarkan cerita tentang dokter gigi. Misalnya Dora The Explorer Show Me Your Smile!: A Visit To The Dentist dan Elmo Visits The Dentist. Melalui buku ini si kecil akan mengetahui hal apa yang akan didapatkannya ketika mengunjungi dokter gigi. Sebenarnya yang penting adalah orang tua harus bisa menjelaskan dengan baik apa manfaatnya pergi ke dokter gigi dan apa akibatnya jika si kecil tidak pergi ke dokter gigi. Selain itu katakan bahwa Anda akan selalu berada di sampingnya.

    Bermain peran

    Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mempersiapkan keberanian si kecil untuk mengunjungi dokter gigi. Ajak anak Anda untuk memainkan adegan, seolah-olah Anda adalah dokter gigi dan anak Anda adalah pasiennya. Lakukan adegan seolah-olah seperti Anda memeriksa giginya, menyikat giginya, menunjukkan gigi mana yang membutuhkan perawatan, kemudian jangan lupa untuk menjelaskan apa yang terjadi jika gigi mereka tidak segera mendapat perawatan.

    Hadiah

    Sebagai orang dewasa, tentunya Anda sudah paham, dengan melakukan perawatan ke dokter gigi, Anda akan terbebas dari masalah gigi. Namun anak-anak perlu hadiah agar mereka berpikir bahwa kunjungannya ke dokter gigi menyenangkan. Ketika memberikan hadiah, jangan lupa untuk menjelaskan bagaimana keadaan gigi buah hati Anda sebelum dan sesudah perawatan. Seiring berjalannya waktu, si kecil akan memahami, bukan hadiah yang menjadi bagian terbaik dari kunjungannya ke dokter gigi, melainkan gigi yang sehat dan kuat adalah manfaat terbesar yang didapatkannya.

    Mulailah sedini mungkin

    Ini termasuk ide yang baik untuk mengunjungi dokter gigi sedini mungkin usia buah hati Anda. Kebanyakan dokter gigi mengatakan, sebaiknya anak-anak dibawa ke dokter gigi semenjak gigi pertamanya tumbuh. Anak akan belajar bahwa mengunjungi dokter gigi adalah rutinitas. Hal baik lain yang bisa Anda lakukan adalah pilih dokter gigi yang dikenal membuat anak-anak nyaman. Jika buah hati Anda sudah nyaman dengan dokter gigi, maka dijamin Anda tidak perlu menyaksikan si kecil rewel setiap diajak perawatan gigi.

Semoga bermanfaat Bunda.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading