Sukses

Parenting

Apa Yang Harus Dilakukan Orang Tua Jika si Kecil Ngambek Ke Sekolah?

Saat bersekolah di TK, si kecil tampak tak ada masalah. Namun begitu ia menginjak masa Sekolah Dasar, ia tiba-tiba sering ngambek di pagi hari saat mau berangkat ke sekolah. Ada saja alasannya agar hari itu tidak perlu pergi ke sekolah.

Apakah Anda dan si kecil mengalami hal seperti di atas? Memasuki usia Sekolah Dasar, hal ini memang sering terjadi. Anak-anak mengalami masa transisi dari pembelajaran dengan sistem bermain di TK menuju ke pembelajaran yang mandiri dan kompleks. Apa yang harus dilakukan saat si kecil ngambek ke sekolah? Dilansir oleh parents.com, berikut hal-hal yang dapat orang tua lakukan:

    Temukan Sumber Masalah

    Pada usia Sekolah Dasar, anak-anak belum dapat mengidentifikasi masalah yang dialaminya seperti layaknya orang dewasa. Menemukan sumber masalah yang mengakibatkan ia tidak mau pergi ke sekolah dapat dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan, misalnya:
    "Hal-hal apa yang menjadi favoritmu saat di sekolah?", "Menurutmu, bagaimana sikap teman-temanmu di kelas?" atau "Apakah gurumu membuatmu senang belajar di kelas? Jika tidak, mengapa?".

    Mengambil Tindakan

    Jika Anda telah menemukan masalah yang dialami si kecil, Anda dapat menemukan cara mengatasi rasa enggannya ke sekolah. Jika ia mengalami masalah dengan teman-temannya, berusahalah mengerti yang dirasakan si kecil dan membagikan pengalaman Anda saat seusianya di sekolah dapat membangkitkan rasa percaya dirinya. Jika masalah yang dialami terlalu pelik, libatkan guru untuk mengatasi masalah ini.

    Hubungi Ahli

    Banyak anak mengalami sindrom 'benci sekolah'. Jika masalah sekolah yang dialami anak Anda mengakibatkan akademik menurun dan stres pada anak, disarankan untuk menghubungi ahli, misalnya konselor sekolah atau psikolog sehingga para ahli dapat menentukan faktor-faktor yang menyebabkan hal ini. Tidak tertutup kemungkinan apa yang terjadi di sekolah menimbulkan rasa cemas dan depresi pada anak.

Tiap anak memiliki masalah masing-masing di sekolah. Ada yang dapat mengatasi masalahnya sendiri, tetapi ada juga yang perlu bimbingan orang tua. Apakah Anda punya pengalaman dan tips mengatasi si kecil yang ngambek ke sekolah? Yuk bagikan di kolom komentar berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading