Sukses

Parenting

Ungkap 6 Rahasia Sukses Membesarkan Anak yang Luar Biasa di Sini!

Bunda, peran orang tua itu sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. Jika Anda ingin mendapatkan anak yang luar biasa dan berhasil di masa depannya, Anda harus bisa menerapkan pola asuh yang baik. Pola asuh yang baik itu seperti apa? Simak tujuh hal yang sebaiknya dilakukan orang tua dalam mengasuh anak agar anak bisa jadi pribadi yang sukses dan luar biasa di masa yang akan datang ini.

    Tunjukkan Rasa Kasih Sayang Anda

    Dilansir dari thestir.cafemom.com, Dr. Tovah P. Klein penulis buku How Toddlers Thrive: What Parents Can Do Today for Children Ages 2 to 5 Plant the Seeds of Lifelong Success menyebutkan bahwa tugas orang tua adalah mencintainya dan menerima sang anak apa adanya. Seorang anak harus terlebih dulu bisa merasa bahwa ia dicintai oleh orang tuanya.

    Jangan Mempermalukan Anak Anda

    Anda tak boleh dengan terang-terangan menunjukkan bahwa gagasan atau ide anak Anda itu adalah ide yang buruk. Hargailah setiap usaha yang mereka lakukan agar rasa percaya dirinya tetap terjaga.

    Biarkan Anak Mencoba Melakukan Sendiri

    Misalnya, ketika anak Anda mencoba untuk memilih dan mengenakan pakaian yang diinginkannya, biarkan ia melakukannya. Jika Anda terus mengontrol atau mengekangnya, anak Anda akan merasa dirinya tak pernah layak untuk melakukan sesuatu yang diinginkannya.

    Jangan Selalu Membenarkan Apa yang Dilakukan Anak Anda

    Biarkan anak Anda bereksperimen dan berimajinasi. Jika Anda selalu membenarkan apa yang sedang dicoba atau dilakukan oleh anak Anda, anak Anda akan kesulitan untuk berpikir di luar batasan-batasan yang ada. Kreativitas itu bisa didapat dengan usaha coba-coba dan eksperimen.

    Belajar adalah Serangkaian Eksperimen

    "Anak-anak memaknai kesalahan dengan cara yang berbeda dari kita," ungkap Dr. Klein. Bagi seorang anak, jika ada sesuatu yang tak berhasil atau ada kesalahan, itu artinya bahwa ada kesempatan lagi untuk belajar dan mencoba lagi. Belajar bukanlah serangkaian tes jadi biarkan anak Anda untuk belajar dengan cara alaminya.

    Bermain Sambil Belajar

    Anak-anak perlu belajar di luar. Biarkan anak Anda mengeksplorasi semua hal yang ada di sekeliling mereka. Cara ini akan membuat mereka menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

    Bantu untuk Menerima dan Mengatur Emosi/title]

    Dr. Klein sendiri mengutarakan bahwa orang tua tidak memiliki kewajiban untuk membuat anak-anak bahagia. Yang terpenting adalah bisa membantu anak-anak untuk memahami apa yang sedang mereka rasakan. Sebagai orang tua, Anda tak seharusnya melarang anak Anda untuk menangis atau bersedih. Namun, bantu anak Anda untuk menerima emosi dan perasaan itu dan beritahu cara menghadapinya.

Pribadi seorang anak bisa dibentuk dari pola mengasuh orang tua. Untuk Anda para orang tua atau calon orang tua, didiklah anak Anda dengan baik agar ia bisa sukses nantinya. Jika anak sukses, Anda sebagai orang tua juga pastinya bangga kan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading