Sukses

Parenting

Kesalahan Yang Kerap Dibuat Orang Tua 'Baru'

Baru saja menjadi orang tua tentu menimbulkan kepanikan tersendiri. Ada yang malah menangis ketika anaknya menangis, ada yang tak paham bila anaknya mengompol atau lapar, dan lain sebagainya.

Agar tidak mengulang kesalahan yang sa,a. sebenarnya Anda bisa kok belajar dari pengalaman orang lain. Misalnya saja seperti yang dilansir WebMD.com berikut ini. Pelajari benar-benar beberapa kesalahan yang kerap dibuat orang tua ini agar tidak terulang ya.

Selalu panik

Memang sih pengalaman yang serba baru membuat orang jadi panik. Tetapi apabila Anda membiarkan kepanikan berkembang, maka yang jadi korban adalah si kecil.

Bila ia menangis, cari tahu apa yang membuatnya menangis. Bacalah informasi tentang arti tangisan bayi, tanyakan juga pada mereka yang lebih berpengalaman.

Membekap anak karena terlalu sering menangis

Tidak salah kok bila si kecil menangis setiap kali ada sesuatu. Jangan panik dan berusaha membekapnya. Tangisan si kecil akan berhenti ketika apa yang diinginkannya telah diperoleh.

Tangisan juga menjadi satu-satunya bahasa yang bisa dikomunikasikan oleh bayi, jadi tak heran dong kalau ia menangis.

Mengabaikan kesehatan rongga mulut bayi

Belum ada giginya, jadi nggak perlu dibersihkan dong?

Namanya juga rongga mulut, sama seperti rongga mulut orang dewasa, rongga mulut bayi juga bisa menjadi media tumbuh suburnya bakteri. Untuk itulah ada sikat gigi khusus untuk bayi yang bisa membantu membersihkan rongga mulut bayi.

Sering bertengkar di depan si kecil

Saat dikaruniai buah hati, ada kecenderungan hubungan suami istri merenggang. Bila tak pandai-pandai bekerja sama dan menjaga hubungan, maka pertengkaran tak bisa dihindari. Namun lebih baik jangan bertengkar di depan anak-anak ya. Sekalipun masih bayi, mereka bisa merekam segala macam kejadian yang dilihat dan didengar mereka.

Mendengarkan semua perkataan orang

Sharing pengalaman soal anak itu penting. Tetapi tidak semua perkataan orang juga benar. Cari sumber yang bisa dipercaya soal hal-hal yang ingin Anda tahu sehingga Anda tidak malah sesat info.

Menjadi orang tua sangatlah nikmat, tak perlu sampai menjadi beban dan bersyukurlah atas berkat yang luar biasa ini.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading