Sukses

Parenting

Cara Agar Tetap Harmonis Dengan Orangtua yang Mulai Lanjut Usia

Saat kita sibuk tumbuh dewasa, tanpa Anda sadari orangtua kita juga sedang menua. Mungkin bahkan kini mereka tak lagi bisa melakukan aktifitas normal seperti yang mereka lakukan saat muda. Komunikasi dengan mereka pun kian lama semakin bertambah sulit. Anda akan perlu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang mereka alami. Untuk itu, Anda dapat memperhatikan beberapa hal yang dilansir wikihow.com berikut ini.

Selalu ingat, perbedaan pendapat adalah normal

Jika semua orang sepaham dan memiliki pemikiran yang sama, kehidupan akan menjadi monoton dan membosankan. Selalu perhatikan dan hormati pendapat dan keputusan orangtua Anda. Mereka mungkin memiliki sudut pandang berbeda dengan Anda karena mereka hidup di jaman yang berbeda. Namun, mereka telah berjasa dalam melahirkan dan membesarkan Anda hingga menjadi seperti sekarang, karena itu, pendapat mereka harus Anda dengarkan.

Libatkan mereka

Jangan abaikan kehadiran orangtua Anda meskipun mereka telah lanjut usia. Libatkanlah mereka dalam pembuatan keputusan-keputusan penting dalam hidup Anda. Pengalaman hidup mereka merupakan sumber pembelajaran berharga untuk Anda.

Pahamilah memori akan melemah seiring dengan bertambahnya usia

Seiring dengan usia mereka yang bertambah tua, orangtua akan memiliki ingatan dan memori yang semakin lemah. Mereka akan mulai melupakan hal-hal yang mungkin menurut Anda penting. Bersabar dan berusahalah untuk memahami keadaan mereka. Hindari kata-kata kasar atau komentar buruk tentang mereka.

Orangtua akan rentan terserang penyakit

Selalu beri mereka perhatian dan dukungan. Bantu mereka dengan selalu mengantar untuk memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Sangat penting bagi mereka mengetahui anaknya peduli dengan kesehatan mereka.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading