Sukses

Parenting

Dukungan Ayah Untuk Bunda Menyusui Ekslusif Itu Penting

Menjadi wanita karir, bunda juga harus selalu memberikan susu ekslusif pada sang buah hati. Namun perjuangan untuk memberikan yang terbaik untuk anak bunda bukan milik bunda sendiri melainkan dukungan ayah juga penting. Sebab, ayah merupakan mitra terbaik untuk mendukung bunda dalam menyusui.

Hal tersebut telah dibuktikan dari Studi dari Internal Lactation Consultant Association (ILCA) bulan Juni, 2013 mengenai “Pengaruh Keterlibatan Pasangan (Suami) dalam Menyusui, Inisiasi Dini Menyusui dan Menyusui Lanjutan hingga dua tahun”. Hasil studi menunjukkan bahwa dukungan ayah mampu meningkatkan kecenderungan ibu untuk melakukan ketiga hal tersebut sebesar 30%. Tidak hanya itu, ayah yang memiliki pengetahuan lebih mendalam akan pentingnya menyusui bagi bunda dan si kecil, memiliki kelompok untuk berbagi pengalaman, dan memahami cara-cara mendukung bunda terus menyusui akan lebih dapat memfasilitasi bunda menyusui.

Di samping itu, di Indonesia sendiri juga terdapat jurnal yang diterbitkan di Berita Kedokteran Masyarakat pada Desember 2010 yakni studi berjudul “Peran Ayah Dalam Praktik
Menyusui”. Penelitian dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa prevalensi pemberian ASI secara eksklusif pada kelompok ayah yang mendukung lebih tinggi 2,25 kali dibandingkan dengan kelompok ayah yang tidak mendukung.

Memang sih, terdengar sedikit aneh jika ayah membicarakan topik tentang menyusui. Dalam hal ini, bunda bisa mengajak ayah untuk mencari info tentang menyusui. Bunda dapat dengan aktif mengirimkan tautan artikel dari internet ataupun mengajak membaca buku tentang menyusui bersama sebagai bagian quality time. Kesadaran pentingnya menyusui yang lebih akan mendorong ayah mendukung bunda untuk terus menyusui. Sementara ayah dapat bergabung dengan komunitas seperti Ayah ASI bisa jadi solusinya untuk berbagi dan belajar dari kelompok pendukung agar situasi canggung terhindarkan.

Cara lain untuk mendukung bunda menyusui ekslusif bisa dilakukan dengan memberi pujian dan kata-kata pendorong semangat agar bunda terlepas dari stress. Ciptakan suasana yang mendukung bunda untuk terus merasa nyaman saat menyusui sehingga bunda kembali semangat untuk memberi susu ekslusif pada sang buah hati. Kerjasama ayah dan bunda pada fase ini akan menentukan masa depan si kecil kelak.

“Dalam membantu ayah dan bunda selama masa menyusui sampai hingga dua tahun, Philips AVENT berupaya mendukung melalui produk-produk inovatif yang telah dan terus dikembangkan selama 30 tahun oleh para tenaga ahli dan kesehatan profesional. Kami mendukung penuh pemberian ASI eksklusif sebagai hal terbaik bagi buah hati untuk memulai perjalanan hidup mereka,” ungkapRatna Kurniawati, Marketing Manager, H&W Marketing, Consumer Lifestyle.

Ayo bunda, ajak ayah untuk mendukung menyusui ekslusif demi sang buah hati Anda.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading