Sukses

Parenting

Pria Tidak Perlu Urusi Rumah

Vemale.com- Sudah badan lelah sepulang kerja, masih harus memasak, membersihkan rumah dan mengurusi pakaian. Sedangkan pasangan Anda langsung melenggang untuk mandi air hangat, menonton televisi sambil menunggu makan malam siap. Rasanya dunia ini tidak adil terhadap wanita. Anda juga merasa demikian?

Kenyataannya, dikutip dari The Telegraph, sebuah studi tentang bagaimana seseorang memanfaatkan waktunya yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa para pria menggunakan waktunya untuk kerja yang produktif lebih lama setiap harinya daripada wanita. Alasannya, para istri biasanya mengatur kembali jam kerja mereka atau bahkan tidak bekerja setelah memiliki anak, sedangkan si suami akan sering kerja lembur untuk mendapatkan pemasukan tambahan hingga saatnya pensiun.

Di Eropa, wanita dan pria melewatkan jumlah waktu yang sama untuk kerja yang produktif setiap harinya baik untuk pekerjaan yang dibayar maupun yang tidak dibayar seperti mengurusi pekerjaan rumah ini. Survei melaporkan, hanya pasangan yang tidak memiliki anak di rumah dan yang keduanya memiliki pekerjaan full time adalah satu-satunya kelompok di mana wanita memiliki workloadyang lebih besar dari pria.

Dr Catherine Hakim, yang mengetuai studi ini mengatakan bahwa data ini memutarbalikkan teori yang sudah ada bahwa wanita bekerja lebih lama, yaitu saat di pekerjaannya dan ditambah lagi saat di rumah untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Namun hal ini disangkal oleh para pembela wanita, seperti Justine Roberts-pendiri Mumsnet yang mengatakan studi tersebut akan lebih informatif jika membandingkan wanita dan pria yang sama-sama bekerja. Justine menyebutkan bahwa wanita yang bekerja masih harus mengurusi berbagai tanggung jawab di rumah seperti pekerjaan rumah dan segala hal menyangkut keluarga, termasuk mengatur pesta ulang tahun anak dan membantu anak untuk mengerjakan rumah.

Walaupun kenyataannya demikian, sebuah studi yang lain menemukan bahwa hanya 17 persen wanita yang merasa bahwa pekerjaan rumah adalah nomer satu, sedangkan wanita yang memilih bekerja sambil mengurusi rumah dan keluarga ternyata sebanyak 69 persen. Entah karena naluri wanita yang tidak bisa diam saat melihat rumah tidak terurus, atau karena sebenarnya wanita senang dengan kegiatan yang menyibukkan dirinya, yang jelas banyak wanita yang memilih untuk mengambil profesi ganda ini, yaitu sebagai wanita karir dan juga ibu rumah tangga. Wow.. salut untuk Anda!

Lalu bagaimana dengan para pria tadi? Anda dan pasangan bisa memutuskan sendiri yang terbaik tanpa memasalahkan siapa bekerja lebih berat dari siapa. Tentunya siapa yang berkemampuan lebih sudah seharusnya melakukan apa yang dia bisa untuk menyelesaikan berbagai tugas.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading