Sukses

Parenting

Bule Cilik Fasih Nyanyi Berbahasa Jawa, Keren!

Macapat adalah tembang atau puisi tradisional dengan bahasa Jawa. Dalam setiap baitnya ada barisan kalimat yang kemudian disebut dengan gatra.

Dinyanyikan seperti lagu, macapat ini juga ditemukan dalam kebudayaan Sasak, Bali, Madura, Sunda, dan bahkan Palembang serta Banjarmasin. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sendiri, macapat ini sudah dikenal sejak jaman sebelum Islam masuk ke Indonesia.

Isi dari puisi ini biasanya beragam, bisa berupa cerita tentang kerajaan, cerita tentang raja, cerita tentang keteguhan dan jiwa kepahlawanan, atau juga kasih sayang.

Jaman sekarang memang macapat tidak banyak dikenal orang. Sudah tak banyak yang berminat belajar karena lebih tertarik hal-hal yang berbau modern.

Namun, tak semua generasi muda ternyata lupa akan budaya satu ini. Lewat akun YouTube Yayu Winarni, ditampilkan seorang anak yang fasih menyanyikan tembang macapat. Uniknya, video ini diposting dengan judul caption 'Bule cilik nembang jawa Mocopat" Memperlihatkan seorang anak berwajah asing, dengan mengenakan baju pramuka, memandang ke kamera dan melantunkan tembang. Simak saja videonya yuk.

Suara indahnya dan pengucapan setiap katanya bikin gemas dan terkagum-kagum ya.

Hayo, bagaimana dengan Anda. Apakah juga masih melestarikan budaya nenek moyang? Jangan mau kalah dengan anak yang kabarnya bernama Chafik dan duduk di bangku kelas 3 SD ini dong.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading