Sukses

Parenting

Surat Seorang Ayah Untuk Guru Matematika Anaknya

Tidak sedikit anak-anak yang membenci pelajaran matematika, alasannya karena pelajaran yang satu ini susah. Yang membuat pelajaran matematika sulit adalah usaha yang harus dilakukan untuk menghitung dan mencermati angka-angka di dalam soal. Salah perhitungan, bisa salah pula jawabannya.

Namun, menurut seorang ayah, seharusnya pelajaran matematika itu menyenangkan. Hanya saja, cara yang dipakai tak boleh rumit agar anak tidak malas menghitung. Semakin mudah caranya, semakin mudah pula bagi anak-anak untuk menghitung dan menjawab pertanyaan tersebut. Dengan harapan, matematika bukan lagi pelajaran yang dibenci anak-anak.

Saat iseng memeriksa pekerjaan rumah anaknya, seorang ayah bernama Jeff Severt ini kaget setengah mati. Ia merasa tak heran kalau Anaknya membenci pelajaran matematika. Cara yang diajarkan gurunya menjawab pertanyaan sederhana sangatlah rumit, bagaimana bisa anaknya menyukai pelajaran tersebut?

Iapun membuat aksi protes dengan menulis surat perumpamaan soal menggunakan nama Jack. Di dalamnya ditunjukkan bagaimana sulitnya seorang anak harus menjawab pertanyaan pengurangan 427 - 316. Cara yang digunakan oleh guru adalah penggunaan sebuah garis bilangan. Di mana, anak tersebut harus menggambar garis bilangan panjang berisi angka-angka hingga 427.

Foto: Copyright Yahoo Shine
Rumit bukan? Tentu saja rumit. Seharusnya cukup dibuat:

427
316
___ -
111

Saja untuk sebuah pemecahan soal pengurangan. Nyatanya, anak harus menggunakan lebih dari 5 menit untuk menjawab satu pertanyaan matematika sederhana.

Aksi protes Jeff diposting di akun Facebooknya. Menuai banyak komentar dan LIKE yang menunjukkan bahwa ia bukanlah satu-satunya orang tua yang kecewa dengan cara yang digunakan guru untuk mengajar matematika anaknya.

Di dalam aksi protes tersebut, ia juga menambahkan secarik pesan singkat yang berbunyi bahwa ia adalah seorang sarjana Elektronik yang pernah belajar soal-soal matematika yang jauh lebih kompleks. Dan cara yang paling mudah untuk menjawab setiap soal rumit tersebut adalah dengan mencari cara paling sederhana.

Dengan cara sederhana, soal matematika pengurangan dengan angka ratusan tersebut bahkan bisa diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 5 detik.

Semoga rasa frustasi ayah ini bisa terjawab dengan revolusi pendidikan yang lebih baik, tidak hanya di Indiana, namun juga di seluruh negara di dunia.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading