Sukses

Parenting

5 Manfaat Jika Anak Memiliki Hewan Peliharaan

Saat anak meminta izin pada orang tua untuk memelihara hewan, biasanya orang tua melarang dengan banyak alasan. Padahal, ada banyak manfaat bagi anak jika dia memelihara hewan. Dilansir oleh womanitely.com, inilah beberapa manfaat yang bisa didapat anak Anda.

Belajar Mencintai Sesama Makhluk Tuhan

Anak akan belajar bahwa Tuhan tidak hanya menciptakan manusia, tetapi juga hal-hal lain, termasuk hewan. Dengan memelihara hewan, anak-anak akan belajar mencintai sesama makhluk Tuhan. Dia akan belajar bahwa perburuan binatang yang dilindungi adalah hal yang salah. Anak juga akan belajar apa peranan hewan-hewan dalam menjaga ekosistem dan kehidupan di Bumi.

Belajar Bertanggung Jawab

Saat anak memelihara hewan, dia akan belajar banyak hal tentang tanggung jawab. Anak akan belajar kapan waktu memberi makan, membersihkan kotoran, memandikan, menguras akuarium dan sebagainya.

Belajar Sabar

Hewan berbeda dengan manusia, diperlukan kesabaran lebih saat memeliharanya. Misalnya saja jika mengajari kucing berlatih buang air di tanah atau pasir khusus, dibutuhkan kesabaran lebih hingga kucing benar-benar patuh dan berdisiplin buang air di tempat yang seharusnya.

Meningkatkan Kecerdasan

Berdasarkan berbagai penelitian, anak yang memelihara hewan jauh lebih cerdas dan mudah memecahkan masalah dibandingkan anak yang tidak memiliki hewan peliharaan. Maka jangan ragu untuk memberikan izin anak Anda memelihara hewan.

Belajar Mengenai Hidup

Akan ada masanya hewan peliharaannya sakit, hamil, melahirkan bahkan mati. Maka di sinilah anak akan belajar bahwa dalam hidup, ada yang datang, ada yang pergi. Ada bahagia, ada sedih. Semua akan dia pelajari, sehingga tidak akan kaget jika hal yang sama terjadi pada orang-orang yang dia sayangi.

Jadi jangan takut mengizinkan anak memelihara hewan. Pastikan saja Anda memantau kebersihan hewan yang dia pelihara.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading