Sukses

Parenting

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Anak yang Rapi

Sebagai orangtua, Anda tentu ingin anak Anda menjadi seorang anak yang rapi dan selalu terorganisir. Sebenarnya, Anda dapat mendidiknya sedini mungkin agar tidak menjadi anak yang berantakan. Berikut beberapa tips untuk membuat anak Anda menjadi seorang anak yang rapi dan terorganisir, seperti dilansir sheknows.com.

Mulailah sejak mereka kecil

Anda bisa memulai mengajarkan anak Anda untuk rapi pada usia sekitar 5 tahun. Biasakanlah dia untuk merapikan sekelilingnya tanpa menunda-nunda pekerjaannya itu.

Ajari mereka membersihkan apa yang telah mereka pakai
Setelah selesai bermain atau menggunakan sesuatu, ajari mereka untuk merapikannya langsung. Ajari mereka untuk merapikan sesuatu yang telah mereka pakai untuk bermain sebelum mereka mengeluarkan yang lainnya. Berikan sarana seperti keranjang atau lemari agar anak dapat dengan mudah merapikan barang mereka.

Semua pada tempatnya

Sediakan tempat khusus bagi masing-masing kegiatan anak, pisahkan tempat bermain dengan tempat lainnya. Anda tentu tidak menginginkan mainan anak Anda tercecer hingga dapur, bukan?

Beri contoh yang baik

Anak-anak akan belajar dari apa yang mereka lihat, untuk itu Anda harus mencontohkan kebiasaan untuk rapi pada anak-anak Anda. Pastikan Anda konsisten dengan apa yang Anda katakan dan lakukan agar anak tidak merasa bingung untuk mengambil contoh dari Anda.

Jadwalkan waktu bersih-bersih

Buatlah jadwal membersihkan kamar, menyapu lantai, atau berkebun bagi anak Anda. Ini penting untuk menjadikan mereka seseorang yang disiplin. Namun, pastikan pekerjaan itu tidak menjadi beban berat bagi anak Anda.

Biarkan mereka belajar konsekuensi dari berantakan

Cobalah untuk tidak melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka. Biarkan mereka belajar dari keadaan ruangan mereka yang berantakan karena kelalaian si kecil. Anak-anak pasti akan membuat berantakan sebuah ruangan atau bahkan ruang Anda. Biarkan dia melakukannya, tetapi ajarkan pada mereka bahwa mereka harus bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading