Sukses

Parenting

Didik Anak Agar Lebih Menghargai Uang Tanpa Menggurui

Mengajari anak tentang pentingnya uang sejak dini sangat penting. Anak yang sudah mengerti dan paham cara menggunakan uang dengan baik akan tumbuh menjadi anak yang lebih bertanggung jawab nantinya. Ya, meskipun uang memang bukan segalanya, tetapi ada banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan seorang anak dengan belajar mengatur dan memanfaatkan uang dengan baik.

Berikut ini sejumlah trik praktis dan menyenangkan yang dirangkum dari totalfamilylife.com untuk mengajari anak tentang pentingnya uang.

Bermain Permainan yang Melibatkan Penggunaan Uang
Salah satu permainan menyenangkan yang bisa dimainkan sekaligus mengajarkan anak pentingnya pemanfaatan uang adalah Monopoli. Di permainan ini, anak tidak hanya bermain tetapi juga belajar cara menggunakan uang dan memanfaatkan uang dengan baik.

Ajak Anak Berbelanja
Ketika berbelanja, Anda bisa mengajak anak Anda untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. Sampaikan juga uang yang Anda punya yang bisa digunakan untuk berbelanja. Jika anak Anda sudah berusia 9 tahun, Anda bisa memintanya untuk menghitung dan mengalkulasi setiap belanjaan dengan kalkulator.

Beri Uang Saku
Anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar sudah bisa setidaknya mengatur uang saku mereka. Ketika memberi uang saku kepada anak, sampaikan juga apa saja yang sebaiknya mereka lakukan dengan uang saku mereka, seperti jangan menghabiskan uang saku dan sisihkan untuk ditabung. Akan lebih baik jika Anda juga memberikan celengan lucu yang bisa anak Anda gunakan sebagai tempat untuk menabung. Sejumlah ahli menyarankan agar sedini mungkin sudah mengajarkan anak cara menggunakan uang, yaitu ada yang ditabung, ada yang digunakan untuk membeli barang yang diperlukan, dan ada yang digunakan untuk disumbangkan.

Jelaskan Kegunaan Kartu ATM dan Kartu Kredit
Anak kecil mungkin berpikir bahwa mesin ATM adalah mesin penghasil uang dan siapapun bisa mendapatkan uang dari mesin ATM tersebut. Selain itu, mereka juga mungkin berpikir bahwa dengan kartu kredit, semua jenis barang bisa dibeli. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sudah menjelaskan kegunaan kartu ATM dan kartu kredit sedini mungkin agar mereka tidak salah paham.

Jadi Panutan yang Baik
Ketika menonton televisi dan ada barang bagus di televisi, jangan langsung buru-buru bilang akan beli barang tersebut. Setiap pengeluaran harus diperhitungkan sebaik mungkin. Secara berkala, sebisa mungkin ajak anak untuk memberikan donasi ke tempat atau orang yang membutuhkan. Arahkan anak-anak agar memiliki perspektif bahwa uang bukanlah sumber kebahagiaan yang paling utama. Memang uang bisa memudahkan kehidupan manusia, tetapi bergantung pada uang sepenuhnya juga tidak akan membuat hidup lebih baik.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading