Sukses

Parenting

Anak Tidak Mau Makan Sayur Bisa Diatasi Dengan Cara Ini

Kerewelan anak-anak dan sifat pilih-pilih makanan bisa membuat ibu depresi. Apakah Anda juga pernah merasakan hal yang sama? Anak-anak bisa menolak satu jenis makanan berulang kali, seperti sayur-sayuran. Tetapi, tahukah Anda bahwa anak-anak juga bisa dengan mudahnya suka pada satu jenis makanan kita mereka merasa "nyaman" dengan makanan tersebut? NetMums.com memberikan tips-tips mudahnya untuk Anda.

Mari Bermain dengan Makanan
Jika Anda punya banyak waktu luang, Anda bisa mengubah jenis-jenis sayuran tertentu menjadi karakter atau benda-benda lucu. Misalnya, mengubah wortel menjadi bunga-bungaan. Namun, jika Anda tak memiliki banyak waktu, Anda bisa cukup menyebut nama-nama sayuran dengan nama-nama yang unik dan mudah diingat. Untuk menyebut brokoli, kita bisa menggunakan nama pohon ajaib atau pohon yang dihuni peri karena bentuknya yang rimbun seperti pohon beringin.

Gunakan Imajinasi
Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh imajinasi dan daya khayal. Jadi, manfaatkan kesempatan tersebut. Ketika menyiapkan makanan, Anda bisa mengajak anak Anda ikut bergabung dan selingi dengan cerita. Anda bisa menceritakan bagaimana tubuh kita jika selalu makan makanan yang sehat. Gunakan analogi dan perumpamaan dalam menjabarkan jenis makanan yang akan dimakan atau diolah. Sebagai contoh Anda bisa mengibaratkan jenis-jenis sayuran dalam sup sebagai prajurit-prajurit kecil yang sedang tenggelam. Dan, untuk menyelamatkan prajurit-prajurit tersebut, anak-anak harus menyelamatkannya dengan segera memakannya.

Variasikan Makanan
Anak-anak mudah bosan. Jadi, Anda harus menyiasatinya dengan membuat kombinasi makanan. Kombinasikan makanan dengan berbagai rasa yang segar dan tidak membuat eneg. Misalnya, Anda bisa mengkombinasikan brokoli dengan campuran sedikit yogurt sebagai camilan untuk hari pertama. Sedangkan untuk hari kedua, Anda mungkin bisa membuat omelet dengan campuran beberapa jenis sayuran. Namun, perlu dipastikan anak Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading