Sukses

Parenting

Shock, Tak Kusangka Seperti Inilah Putri Remajaku Menggunakan Handphonenya

Kekuatan teknologi digital kini memang banyak membantu kehidupan manusia. Di sisi lain, teknologi digital pun bagaikan dua sisi mata uang yang dapat membahayakan. Dilansir oleh dailymail.co.uk, inilah penuturan Shona Sibary yang mengejutkan saat mengetahui isi di dalam handphone sang putri yang berusia 13 tahun.

***
Suatu malam ketika aku telah bersiap untuk tidur, tiba-tiba handphoneku bergetar. "Ini sudah lewat tengah malam, kira-kira siapa yang mengirimkan pesan di waktu seperti ini?" pikirku. Dengan seorang putri yang tinggal 70 mil jauhnya di asrama, aku was-was. Jangan-jangan ada sesuatu yang terjadi dengan gadis remajaku itu.

Akhirnya kuraih handphone-ku dan betapa terkejutnya aku melihat pesan yang masuk itu. Pesan dari seorang remaja laki-laki berbunyi, "Hai, Sayang. Ya ampun, apakah kamu benar-benar melarikan diri semalam? Kamu gila! Hahahaha.. Jam berapa kamu pergi ke kota semalam?". Belum selesai jantungku berdegup, satu pesan lagi masuk. "Jam 2 malam. Semalam itu benar-benar keren!". Dan pesan-pesan serupa sepanjang malam masuk ke dalam handphoneku.

Memang, semenjak putriku masuk ke asrama dan tinggal berjauhan denganku, berbagai akses komunikasi kami gunakan agar selalu berhubungan. Hal ini juga termasuk pengawasan. Oleh karena itu ketika suamiku membelikan handphone baru untuk Annie, ia memasang aplikasi yang dapat meng-sinkronisasi-kan nomorku dan putriku.

Tak kusangka, niatku mengawasi putriku justru membuat hatiku hancur. Gadis kecilku yang beranjak dewasa ternyata bertindak yang di luar usia normalnya diam-diam di belakangku. Kini akhirnya aku memahami betapa pentingnya mengawasi penggunaan teknologi digital bagi anak-anak remaja seusia Annie. Karena, bisa saja mereka yang tampak manis di rumah, berubah menjadi seorang gadis yang 'berani' di luar rumah dan di Internet.

***

Penggunaan teknologi digital bagi para anak-anak dan remaja seharusnya diawasi oleh orang tua. Mungkin mereka memang telah mahir menggunakannya, tetapi memakai gadget dan Internet bukan perkara kemahiran saja. Tak disadari, ada bahaya yang mengintai para remaja ini. Maka, sebagai orang dewasa, sebaiknya kita lebih awas dan secara teliti memberikan pengertian kepada anak-anak dan remaja untuk menggunakan media digital secara bijak agar tak terjadi lagi tindakan kriminal dan membahayakan putra-putri kita. Be careful, Mom!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading