Sukses

Parenting

Ini Lho Alasan Keluarga di Cina Canggung Mengungkapkan Perasaan Cinta

"I love you", kata-kata ini sangat akrab di telinga kita. Selain akrab, banyak orang menganggap kata-kata ini adalah kata yang penting untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap saudara, orang tua, anak dan kekasih. Saking populernya, kita bahkan tak bisa menghitung berapa lagu yang menggunakan kata-kata ini, termasuk salah satu lagu Indonesia milik Melly Goeslaw yang berjudul "I Just Wanna Say I Love You". Hihihi.

Dalam bahasa Mandarin, "I love you" diterjemahkan sebagai wo ai ni. Tetapi di Cina, cara pengungkapan tersebut mungkin sedikit berbeda. Kok bisa, ya? Dilansir dari bussinessinsider.com, sebuah surat kabar The Global Times meliput dua video online yang menunjukkan anak-anak yang mengungkapkan "I love you" kepada orang tua mereka. Video ini menyebar secara cepat di Cina. Video yang pertama dibuat oleh Anhui TV yang berisi tentang beberapa mahasiswa mengungkapkan betapa mereka mencintai orang tuanya.

Tanggapan yang diberikan orang tua para mahasiswa itu sangat beragam, bahkan ada orang tua yang mengira anaknya sedang mabuk saat mengungkapkan hal tersebut. Sementara itu, sebuah video lain yang serupa dibuat oleh sebuah stasiun TV bernama Shanxi. Seorang ayah menjawab dengan sangat blak-blakan, "Saya akan pergi rapat. Hentikan omong kosong ini," kepada anaknya. Wah, sedihnya.

Ternyata, apa yang diungkapkan oleh para orang tua itu tidak terjadi secara serta-merta. Keluarga Cina jarang mengungkapkan ungkapan cinta karena orang Cina tidak pandai mengekspresikan emosi positif. Hal ini dipengaruhi dari ajaran-ajaran nenek moyang yang banyak mendidik anak dengan keras. "Mereka biasa mendidik anak-anak dengan bahasa yang negatif," ujar Xia Xuelan, seorang sosiolog dari Peking University.

Namun, bukan artinya cinta tidak bisa diungkapkan lho. Dalam sebuah artikel di China Daily, seorang wanita berusia 31 bernama Zhao mengatakan bahwa ia merasa kesulitan mengungkapkan perasaan cintanya kepada sang ayah. Sebagai gantinya, ia memberi ayahnya sebuah album yang menampilkan foto-foto mereka saat bersama. Album foto tersebut beredar secara online dan dibagikan ratusan ribu kali oleh pengguna jejaring sosial online Weibo.

Oh iya, tidak semua tanggapan orang tua itu negatif, kok. Beberapa orang tua merespon positif meski dengan terkejut tentang ungkapan cinta anak-anak mereka. "Saya sangat senang kamu menelepon saya untuk mengatakan kamu mencintai saya. Itu adalah hal yang paling membahagiakan yang terjadi padaku," ujar salah seorang orang tua. Wah, mengharukan sekali ya, Ladies. Mungkin di hari Valentine ini, Anda bisa mencoba mengungkapkan cinta kepada orang tua atau saudara Anda.

Apakah Anda termasuk orang yang mudah mengungkapkan rasa cinta atau tidak? Yuk, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading