Sukses

Parenting

Cara Paling Bijak Membuat Anak Jera Merokok

Semua orang tua harusnya paham bahwa merokok sama sekali tidak ada baiknya untuk kesehatan. Begitu juga ketika Anda melihat anak Anda yang mulai menginjak remaja ketahuan merokok. Sebisa mungkin Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Berikut dari wikihow.com tips untuk membuat Anak jera merokok:

1. Bersikap tenang

Ketika Anda mendapati anak Anda merokok di dalam kamar? Apa yang harus Anda lakukan? Pasti emosi Anda bisa-bisa meledak tidak karuan. Tetapi yang harus Anda ingat, dia adalah anak Anda, bersikaplah tenang, karena emosi tidak menyelesaikan masalah.

2. Sita rokok dari tangan anak Anda

Tetap dengan sikap yang tenang, mintalah anak Anda menyerahkan semua pack rokok yang dimilikinya. Jika anak Anda merokok diam-diam di kamar, tidak mungkin dia hanya memiliki satu batang saja.

3. Diskusikan

Berdiskusi sangat berbeda dengan menceramahi. Pahami juga emosi anak Anda dan mulailah berdiskusi dengan bertanya mulai kapan dia merokok dan apa alasannya. Setelah itu lanjutkan dengan pertanyaan dari mana anak Anda mendapatkan rokok. Setelah Anda mendengar semua hal darinya, jelaskan dampak buruk merokok pada anak Anda. Ajaklah dia berpikir bahwa merokok itu tidak perlu dia lakukan.

4. Berkomunikasi

Ketika anak Anda menginjak usia remaja, komunikasi yang baik adalah satu-satunya hal yang akan membuat Anda berdua terhubung. Aktif menanyakan tentang kegiatannya di sekolah dan pergaulannya di sekolah akan mengalihkan perhatian Anak pada rokok secara perlahan.

5. Katakan semua demi kebaikannya

Jangan sampai Anda mengatakan akan menghukum anak Anda, apalagi melarang anak merokok di rumah. Hal seperti ini hanya akan membuat anak Anda akan merokok di luar rumah. Tetapi ungkapkan bahwa karena Anda sangat menyayanginya maka Anda tidak ingin lagi melihat anak Anda merokok.

Nah Ladies, semoga tips di atas membantu ya.



(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading