Rahasia Punya Anak

Jum'at, 27 Agustus 2010 07:20



(c)craveonline.com Vemale.com - Tak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dan mental sebelum menyambut kehadiran buah hati kan. Kenali dan ingat beberapa fakta berikut ini agar Anda bisa melewati masa-masa yang paling sukar sekalipun.

1. Memberi ASI pada bayi itu rasanya sangat sangat.....sakit. Untungnya hal ini hanya terjadi pada permulaan saja. Butuh latihan untuk tahu bagaimana teknik pemberian ASI yang tepat sehingga tak terasa sakit, dan hal ini sering memakan waktu hingga berminggu-minggu lamanya. Meski begitu, sebagai ibu jempolan, Anda pasti rela 'sakit' demi kesehatan anak bukan?

2. Jika Anda memutuskan tidak memberi ASI, maka itu berarti Anda 'merampas' daya tahan tubuh yang seharusnya bisa dimiliki bayi kecil tersebut.

3. Minta tolong. Terimalah tawaran/ nasehat dari para ibu yang punya pengalaman dalam memberi ASI atau menina-bobokan anak. Anda bukan seorang ibu yang buruk kok jika Anda belum berpengalaman. Semua ibu perlu belajar, demikian juga dengan Anda.

4. Jika Anda merasa depresi pasca melahirkan, maka berkonsultasilah pada dokter atau ibu-ibu yang berpengalaman dan dapat dipercaya. Temukan cara supaya Anda bisa menghadapi situasi baru yang begitu menguras energi tersebut dengan bijak.

5. Berat belum juga kunjung turun setelah 4 bulan melahirkan? Ah, jangan khawatir! Selama Anda memutuskan untuk bangun dan merawat bayi sendiri (tanpa bantuan baby sitter), maka berat badan Anda bisa kembali normal kok. Dengan catatan, Anda pun tetap berusaha ya.

6. Suatu hari nanti Anda akan mendapati anak sudah tumbuh lebih besar dan mulai mengenal yang namanya reaksi ngambek/ marah. Hal ini berarti anak Anda...normal.

7. Dan hingga hari itu tiba, sebaiknya Anda tidak berpikir, "Oh tidak mungkin. Anak saya pasti baik-baik saja dan takkan nakal. Kan saya sudah mendidiknya dengan baik". Sayangnya, mereka akan bersikap begitu. Memang sih tak ada ibu yang sudi mempercayai hal itu hingga hal tersebut menjadi kenyataan.

8. Tak semua ibu akan merasakan kegembiraan, ikatan, hingga cinta yang sama besarnya. Jadi, bukan berarti Anda seorang ibu yang buruk jika Anda tak se-exciting ibu-ibu lainnya. Yang penting Anda tahu Anda menyayangi buah hati.

9. Anda dan suami akan mulai sering beradu mulut tentang bagaimana cara tepat untuk menina-bobokan, mengganti popoknya, hingga memandikannya. Bahkan perbedaan-perbedaan antara Anda dan pasangan yang mulai menyeruak pada masa-masa ini bisa membuat Anda (rasanya sungguh) ingin bercerai darinya, terutama bila Anda berdua hanya tidur 5 jam setiap malam. Namun, jangan khawatir! Keadaan ini akan membaik dan berlalu.

10. Anda pasti bisa tidur lagi. Memang sekitar 8 minggu pertama tampaknya kegiatan memberi makan, mengganti pakaian, membuai, menina-bobokan, dan membersihkan kotoran adalah rutinitas yang rasanya takkan pernah berakhir. Namun, hal itu pasti berakhir dan Anda pasti bisa meraih kembali jam tidur yang memuaskan itu.

11. Hindari membandingkan bayi Anda dengan bayi teman. Demikian juga tak perlulah membandingkan diri dengan ibu-ibu lain. Semua orang berbeda.

12. Anda adalah seorang ibu. Air ludah yang membasahi pundak, rambut kucel, dan semuanya, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Anda adalah seorang ibu. (vem/meg)







ARTIKEL TERKAIT - KELUARGA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

18 Agustus - 24 Agustus
Ada beberapa kejadian kurang menyenangkan yang akan membuat Anda sedikit down...