Sukses

Parenting

Ibu Bijak, Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, pasti tahu banget bahwa pengeluaran masa kini tak sesedikit saat membujang dulu. Harus ada yang ditabung, dibelanjakan, pengeluaran mendadak dan sebagainya.

Mau tahu bagaimana pengeluaran Anda bisa tetap hemat dan bijaksana? Coba gunakan tips berikut ini.

Rajin Mencatat Rencana Dan Pengeluaran

Selalu teliti dengan uang Anda. Catat pengeluaran dan perencanaan yang sudah Anda buat. Hal ini bisa membuat Anda lebih hemat dan tau ke mana larinya uang yang Anda miliki.

Jangan Belanjakan Semua

Selalu punya beberapa simpanan. Setelah menjatah uang untuk keperluan satu bulan misalnya, sisihkan uang untuk menabung dan pengeluaran dadakan. Coba buat 2 simpanan dan satu amplop untuk pengeluaran dadakan.

Prioritaskan Pembelanjaan

Anda bisa memprioritaskan belanjaan atau pengeluaran rumah tangga. Misalnya tak selalu belanja ke supermarket kalau bisa belanja di penjual sayur dekat rumah. Dahulukan bayar rekening daripada belanja baju dan sebagainya.

Uang Saya, Uang Keluarga

Tentunya jatah uang keluarga lebih banyak daripada jatah pribadi. Namun membagi seperti ini dengan jumlah yang proporsional bisa membantu Anda tidak kedodoran dalam pengeluaran. Misalnya, karena ingin beli tas baru, Anda jadi mengorbankan uang untuk beli panci yang mana panci Anda sudah rusak.

Salah satu cara menjaga agar Anda tetap hemat adalah membatasi acara jajan yang kurang diperlukan. Tips lain adalah memasak di rumah, bikin kue sendiri atau bisa juga Anda jual kembali sebagai bisnis kecil-kecilan. Semoga tips ini bermanfaat, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading