Sukses

Parenting

Cara Membuat Suami Rajin Membantu Beres-Beres Rumah

Urusan beberes rumah sebenarnya bukan melulu hanya tanggung jawab wanita. Semua orang yang ada di rumah juga memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga rumah tetap bersih dan nyaman.

Sayangnya, pria seringkali menganggap remeh hal ini. Entah karena merasa sudah bekerja dan lelah atau memang gengsi, kemudian pria jadi acuh tak acuh soal beberes rumah.

Seringkali problem beberes rumah ini malah memicu perselisihan paham dan pertikaian antara suami dan istri. Istri merasa bahwa suami wajib membantu, sedangkan suami merasa terganggu dengan omelan istri yang memaksanya mengerjakan pekerjaan rumah. Ada nggak sih cara yang membuat pria sadar bahwa beberes rumah juga salah satu tanggung jawabnya?

Tidak perlu pusing lagi, membuat pria sadar akan tanggung jawab soal beberes rumah sebenarnya tidak serumit itu. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan dan ampuh sehingga membuat pria jadi rajin dan sadar soal tanggung jawab yang satu ini.

Trik 1. Buat daftar pekerjaan

Buatlah daftar panjang pekerjaan rumah apa saja yang harus Anda lakukan. Dengan demikian, suami bisa tahu dan sadar berapa banyak pekerjaan yang sebenarnya harus Anda tanggung sendiri.

Tunjukkan daftar tersebut dan diskusikan dengan suami, minta bantuan suami menyelesaikan beberapa pekerjaan berat yang memang ia merasa mampu melakukannya.

Trik 2. Jangan gengsi minta bantuan

Umumnya, wanita merasa gengsi meminta bantuan suami, padahal ia juga sedang kewalahan dan merasa lelah. Hal inilah juga yang menyebabkan istri sering uring-uringan sendiri. Solusinya tentu saja dengan meminta bantuan. Menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut membutuhkan bantuan suami akan membuat suami juga sadar kok apabila Anda tak bisa sendirian melakukannya.

Trik 3. Ucapkan terima kasih

Pria enggan melakukan pekerjaan rumah biasanya karena mereka gengsi dan merasa bahwa harga dirinya berkurang dengan melakukan pekerjaan tersebut. Padahal, sebenarnya yang Anda perlu lakukan adalah membuatnya merasa bangga telah membantu Anda.

Inilah saatnya Anda mengeluarkan pujian dan ucapan terima kasih sehingga pria sadar bahwa Anda membutuhkan bantuannya dan bahwa bantuannya memang sangat berarti bagi Anda.

Ucapan terima kasih ini bahkan menjadi penghargaan yang sangat besar bagi pria yang akan menyelamatkan gengsinya.

Trik 4. Bekerja sebagai team

Bagi saja tugas bersama dan bekerja sebagai team. Selain membuat pekerjaan lekas selesai, kekompakan yang dilatih ini akan membuat hubungan Anda dan pasangan menjadi semakin mesra. Setidaknya, mengerjakan sebuah pekerjaan bersama menurut penelitian akan meningkatkan kekompakan dan solidaritas pasangan.

Trik 5. Fleksibel dan sabar

Jangan menilai dan merevisi pekerjaan suami. Jika memang ia membersihkan kurang maksimal, maka beri contoh bagaimana cara membersihkan yang benar. Bukan malah menyalahkannya karena pekerjaan yang ia lakukan salah.

Memberi contoh jauh lebih efektif ketimbang Anda mengoreksi dan membuatnya jadi semakin malas membantu Anda.

Last but not least, berikan hadiah padanya berupa makan malam lezat atau menu kesukaannya sehingga ia merasa menjadi suami yang bahagia dan beruntung memiliki istri cerdas seperti Anda.

Nah, kalau begini, semua pekerjaan rumah terselesaikan dan hubungan Anda dan suami menjadi tetap harmonis kan?

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading