Sukses

Parenting

Bahaya Jika Anak-Anak Terlalu Manja

Setiap orang tua tentu ingin masa depan yang terbaik bagi putra-putrinya. Segala macam hal dilakukan dalam upaya membuat mereka siap untuk hari esok. Namun terkadang hal tersebut dilakukan secara berlebihan dan anak menjadi terlalu dimanjakan.

Beberapa hal yang dilakukan orang tua dalam memanjakan anaknya seperti selalu menuruti keinginannya, membiarkan ketika anak bersikap kurang patuh atau seenaknya sendiri serta selalu membantu dan melindungi anak. Hal-hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi perkembangan mental anak lho, Bunda.

Anak menjadi egosi

Jika selama ini anak manja diidentikkan dengan anak dari keluarga yang berada, hal tersebut kurang tepat. Anak yang dimanjakan adalah anak yang permintaannya selalu dipenuhi, kepentingannya selalu didahulukan dan kurang dididik untuk disiplin oleh orang tuanya.

Mungkin terdengar cukup sepele, namun jika dibiarkan berlarut tanpa ada kesadaran untuk mengubah cara dalam mendidik, hal tersebut akan berakibat buruk pada masa depannya. Anak yang terlalu dimanjakan akan bersikap egois dan kurang peduli pada lingkungan sekitarnya. Jika sudah demikian, ia akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi atau bersosialisasi dengan lingkungan sosialnya.

Anak kurang percaya diri

Akibat yang lain adalah anak menjadi kurang percaya pada dirinya sendiri. Hal ini karena orang tuanya selalu memberinya bantuan, sehingga anak tersebut akan kesulitan dalam menghandle sendiri pekerjaannya. Jika sudah begitu, anak akan cenderung mudah putus asa dan keras kepala. Dia juga akan memiliki sifat malas dan senang berleha-leha karena segala fasilitas sudah disediakan.

Anak tidak mandiri

Akibat yang terakhir adalah anak akan menjadi tidak mandiri. Karena selalu dibantu atau dimudahkan oleh orang tuanya, ketika harus terjun ke dunia luar, dia akan cenderung meminta bantuan orang lain. Hal ini tentunya justru akan mempersulit dia ke depannya karena tidak dapat menyelesaikan tanggung jawabnya dan tidak semua orang bisa membantunya.

Menuruti kebutuhan dan keinginan anak boleh dan sah-sah saja, tapi kalau berlebihan, pasti akan ada dampaknya. Maka dari itu, mulai sekarang coba untuk mendidik anak Anda lebih disiplin ya, Bun. Justru hal itu yang akan sangat dibutuhkan di masa depannya.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading