Sukses

Parenting

Cara Ini Ampuh 'Memaksa' Anak Makan Sayur

'Aduh, si kecil suka pilih-pilih makanan, apalagi kalau disuruh makan sayur, susahnya minta ampun'. Hal tersebut nampaknya sering dialami oleh hampir setiap ibu, dan mungkin Anda salah satunya. Tak perlu terlalu khawatir ya, Bun, karena Living Well Spending Less telah merangkum beberapa tips dan trik dalam menghadapi masalah tersebut untuk Anda.

Berhenti menuruti kemauan anak

Bunda, jika sang buah hati tak mau memakan makanannya, jangan selalu dituruti ya. Jika Anda memasak untuk makan malam, sup misalnya, dan putra atau putri Anda tidak mau memakannya, biarkan mereka tidak makan malam itu.

Tenang Bun, pada kenyataannya, mereka tidak akan kelaparan hanya karena melewatkan makan malam tersebut. Selain itu, jika mereka benar-benar merasa lapar, mereka akan berusaha mencari makanan yang ada, dan sup andalan Anda adalah sasaran satu-satunya.

Cobalah The Three Try Rule

Menurut sebuah sumber, anak-anak baru akan merasa familiar dengan sesuatu setelah mereka menjumpainya sebanyak tiga kali. Hal tersebut yang diterapkan dalam aturan Three Try ini yaitu anak-anak tidak boleh menolak suatu makanan sebelum mereka mencoba sebanyak tiga kali.

Tiga kali yang dimaksud adalah tiga kali waktu makan ya, Bun, bukan tiga kali gigitan. Metode ini terbukti ampuh, meskipun anak Anda mulanya tidak menyukai, tapi lama-kelamaan akan menyukai dengan sendirinya karena terbiasa.

Batasi konsumsi snack

Snack atau makanan ringan terkadang sulit dilepaskan dari anak-anak, bahkan orang dewasa pun terkadang sulit menghindari kudapan yang kerap menggoda iman tersebut. Kini cobalah membuat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga, yaitu tidak boleh ada camilan dua jam sebelum dan sesudah jam makan.

Mengajarkan tata krama

Hal ini yang utama ya, Bun. Anak-anak mungkin belum tahu bahwa mengatakan "makanannya tidak enak," atau "aku tidak suka makanan ini" adalah hal yang kurang sopan. Nah, sudah tugas seorang ibu untuk memberikan pendidikan dasar ini ya, Bun. 

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan apa yang sebaiknya mereka katakan dan lakukan ketika mereka tidak menyenangi suatu menu masakan. Ajarkan pada mereka untuk tetap memakan makanan tersebut demi menghargai orang yang telah membuatkan makanan tersebut untuk mereka.

Nah, sekarang sudah tidak pusing lagi kan Bun dalam 'memaksa' anak untuk makan sayur atau makanan bernutrisi lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading