Sukses

Parenting

Tolong, Aku Tidak Suka Teman Anakku!

Teman memang sering menjadi pengaruh untuk anak Anda. Kadang, ada beberapa teman yang bisa memberikan pengaruh buruk untuk anak Anda. Dilansir dari familytime.co.uk, ini tips menghadapi teman si anak yang tidak Anda suka.

Usia 4-6 tahun

Sepertinya saat si anak berada pada usia ini, tidak akan ada pengaruh buruk dari teman-teman mereka ya? "Tapi pasti ada saja kekhawatiran jika anak Anda berteman dengan anak yang usianya 2 atau 3 tahun lebih tua," kata Dirk Flower, seorang psikolog. Anak Anda akan mengalami kesulitan untuk memutuskan sesuatu karena pasti teman-temannya yang lebih tua yang akan mengendalikan mereka. Kalau sudah begini, si anak akan terbiasa untuk susah membuat keputusan. Kalau kekhawatiran Anda terus berlebihan, Anda bisa membatasi kontak si kecil dengan anak ini.

Usia 7-10 tahun

Tenang, anak masih menguasai ketrampilan sosial untuk menyesuaikan diri pada usia ini. "Kadang-kadang si anak akan bergaul dengan orang yang salah karena mereka tidak tahu bagaimana mendapatkan orang yang baik untuk dijadikan teman," ujar Mallory Henson, seorang psikolog pendidikan. Pada usia ini ada baiknya Anda memberi nasehat-nasehat pada si anak, bagaimana seharusnya mereka berteman. Tunjukkan pada mereka mana orang yang pantas dijadikan teman dan mana yang tidak dengan cara yang halus.

Usia 11-14 tahun

Anak memasuki fase remaja saat memasuki usia-usia ini. Dalam fase remaja kita harus lebih berhati-hati menjaga ucapan kita pada si anak. Pada usia remaja adalah masa di mana si anak bisa saja berani memberontak Anda. "Bersikaplah toleran pada anak Anda. Anak akan mulai memilih sendiri selera mereka. Entah itu selera fashion atau selera berteman," ucap Mallory. "Semakin Anda melarang mereka, semakin besar hasrat mereka untuk memberontak. Berilah batasan-batasan umum seperti jam malam dan jangan merokok," tambah Mallory. Jangan pernah marah pada mereka saat mereka salah memilih teman. Jelaskan pada mereka dengan baik mana yang salah dan mana yang baik.

Tetaplah tenang meskipun Anda tidak suka pada teman anak Anda Ladies. Awasi saja dan berilah arahan-arahan yang tepat. Jika menyampaikan dengan benar, pasti si anak akan patuh pada Anda.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading