Sukses

Parenting

Tips Jitu Hadapi Anak Hiperaktif

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengasuh seorang anak yang hiperaktif. Tidak terbayang betapa lelahnya saat harus menemaninya bermain dan melakukan aktivitas yang lain. Anak yang hiperaktif sangat sulit untuk dikendalikan. Tapi jangan khawatir, berikut akan dibahas mengenai cara yang tepat untuk mengontrol seorang anak hiperaktif seperti dilansir dari situs LovetoKnow.

Tingkah seorang anak yang hiperaktif sangat sulit dikendalikan, mereka bahkan sampai membuat pengasuhnya putus asa untuk menemaninya beraktivitas. Beberapa kelakuannya meliputi tidak mau duduk tenang, emosi meledak-ledak, tidak mau memperhatikan dan sangat sensitif. Tapi, jika Anda mengetahui cara untuk mengendalikan anak yang hiperaktif ini, dia bisa menjadi seorang anak yang lebih unggul pada beberapa hal daripada anak yang lain.

Cari strategi yang paling pas
Setiap anak pasti memiliki perilaku yang berbeda. Maka dari itu, cara penanganannya pun juga berbeda. Cobalah beberapa macam strategi dan amati bagaimana dan kapan strategi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Berikan sedikit hukuman
Anak yang hiperaktif sulit mengetahui apakah yang dilakukannya salah dan apa akibat dari yang dia lakukan. Coba beritahu tentang hal itu dengan memberi sedikit hukuman ketika dia melakukan hal yang tidak baik secara berlebihan. Dengan demikian, dia akan sedikit demi sedikit belajar. Perlu diketahui bahwa hal ini bergantung pada usia masing-masing anak.

Pahami dia
Jika terkadang saat Anda mengasuh beberapa anak lain telah menuruti Anda untuk duduk dan mendengarkan Anda, seorang anak yang hiperaktif mungkin akan berdiri dan duduk gelisah di sudut ruangan. Jika dia tidak berisik, biarkan dia seperti itu karena proses Anda mengasuh juga tidak terganggu dan dia kemungkinan juga akan mendengarkan dengan baik.

Tetap tenang
Apapun yang sudah dia lakukan, sebagai seorang yang sudah besar dan dewasa, cobalah untuk tetap tenang. Tenang di sini bukan berarti Anda berperilaku seperti semuanya baik-baik saja dan tidak terjadi apa-apa. Tenang yang dimaksud di sini adalah mengatur anak yang Anda asuh dengan tegas namun tetap sabar.

Sesekali abaikan dia
Ada kalanya Anda boleh mengabaikan yang dia lakukan. Terkadang dia melakukan hal-hal untuk mencari perhatian Anda. Saat inilah Anda boleh tidak mengacuhkannya dan membiarkan dia melakukan yang ia lakukan. Di sisi lain, cobalah untuk melihat beberapa hal positif lain yang ia miliki.
Itulah yang sebaiknya dilakukan dalam mengasuh dan mengendalikan anak yang hiperaktif. Dengan mengetahui bahwa ia memiliki kebutuhan khusus, sudah sewajarnya Anda lebih bersabar dalam mengasuh mereka.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading