/relationship/keluarga/31585-keluarga-masa-kini-lebih-suka-punya-satu-anak-saja.html

Keluarga Masa Kini Lebih Suka Punya Satu Anak Saja

Jum'at, 30 Agustus 2013 20:00



(c) shutterstock

Vemale.com - Sudah jadi rahasia umum bahwa biaya hidup makin tinggi dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi hampir di semua negara. Semakin banyak persaingan dalam dunia kerja dan berpengaruh pada keuangan keluarga. Akibatnya, makin banyak orang tua memilih punya satu anak saja, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

Ingin kehidupan anak lebih terjamin dari segi keuangan menjadi alasan orang tua. Padahal, dalam buku Sticking Up For Siblingsyang ditulis Colin Brazier menjelaskan bahwa anak yang memiliki saudara cenderung lebih sehat dan bahagia. Sehingga alasan orang tua yang mempertimbangkan biaya untuk satu anak saja dinilai dapat membunuh kebahagiaan anak itu sendiri.

Sesungguhnya memiliki anak kedua tidak terlalu memberatkan kehidupan. "Orang tua gagal memperhitungkan skala ekonomi yang dihasilkan dari memiliki saudara kandung, padahal kereta bayi, pakaian dan tempat tidur bayi bisa dipakai kembali (untuk anak kedua) dan dapat berlibur bersama-sama," ujar Colin Brazier.

"Sudah jelas, banyak orang tua menjadi tergantung dan ketakutan pada media, termasuk cerita dan opini yang terbentuk secara obyektif terhadap kelayakan keuangan keluarga," tambahnya.

Bagaimanapun juga, memiliki satu atau lebih anak dalam keluarga butuh perencanaan. Biaya hidup memang semakin mahal, tetapi mempertimbangkan kebahagiaan anak tidak hanya dari uang dan materi saja. Banyak anak tunggal yang mengatakan ingin memiliki saudara agar bisa bermain dan belajar bersama, nyatanya mereka tidak dapat memiliki saudara kandung tersebut. (vem/yel)

BACA JUGA:

5 Lokasi di Mall Yang Membahayakan Nyawa Anak-Anak

Anjing Lucu Selamatkan Nyawa Anak Perempuan Dari Ular Berbisa

Bocah 8 Tahun Selamatkan Ayah Yang Terjepit Mesin Penggiling

Hukuman Anak Dengan Pukul Atau Fisik, Bermanfaat Atau Berbahaya?

Di Tahun 2045, Manusia Bisa Hidup Abadi Selamanya






ARTIKEL TERKAIT - KELUARGA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

27 Oktober - 2 November
Sibuk sibuk dan sibuk Bersabar dan fokus merupakan hal yang harus...