Sukses

Parenting

Sering Nonton TV dan Main Laptop Bisa Persingkat Usia Anak

Generasi masa kini memiliki usia yang lebih pendek dibanding generasi sebelumnya. Bahkan, hasil survey menunjukkan banyak generasi masa kini meninggal terlebih dahulu sebelum orang tua mereka. Salah satu penyebabnya adalah kesehatan yang buruk akibat gaya hidup tidak sehat.

Lebih Banyak Duduk dan Tidak Suka Makan Sayur

Sebuah penelitian yang dilansir dari Dailymail.co.uk, menemukan bahwa jutaan anak-anak di Inggris semakin jarang mengonsumsi sayuran dan terlalu banyak menonton televisi. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Menurut hasil penelitian dari British Heart Foundation dan University of Oxford, anak dan remaja masa kini banyak yang tidak mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi tepat dan lebih suka duduk nonton tv atau main laptop ketimbang melakukan aktivitas gerak.

Kolesterol dan Sakit Jantung di Usia Muda

Hal tersebut diperparah dengan kesukaan anak dan remaja pada makanan tidak sehat seperti fast food, camilan ringan, minuman bersoda, atau permen setiap hari. Akibatnya, anak-anak menjadi tidak sehat, mengalami kegemukan dan memiliki kolesterol tinggi di usia remaja. Yang lebih parah, penyakit seperti serangan jantung dan diabetes makin banyak menyerang usia remaja.

Menurut Simon Gillespie, salah seorang yang tergabung dalam penelitian ini, fakta yang ada di depan mata ini harus menjadi peringatan bagi para orang tua. Anak-anak dalam bahaya besar karena berisiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner. Mereka harus mulai dibiasakan makan buah dan sayur, juga melakukan aktivitas yang banyak bergerak.

Jika gaya hidup ini tidak segera diperbaiki, maka semakin banyak anak yang akan memiliki masalah kesehatan serius beberapa tahun ke depan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading