/relationship/keluarga/274-agar-tidak-mudah-kecewa.html

Agar Tidak Mudah Kecewa

Sabtu, 11 Oktober 2008 09:31



@capchelp Vemale.com - Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya kecewa, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia, tak terkecuali siapa pun itu. Namun, ternyata ada beberapa hal yang dapat membantu kita untuk meminimalkan rasa kecewa dalam hidup. Selain berlaku pada orang dewasa dan remaja, mulai sejak dini tidak ada salahnya jika kita, para ibu-ibu mulai menanamkan nilai-nilai positif ini dalam hidup buah hati kita.

Agar tidak mudah kecewa, kita perlu memiliki mental yang nerimo dan rela (mudah melepaskan). Orang yang nerimo memiliki pandangan hidup yang fleksibel dan santai, tidak ngeyel atau ngotot, serta tidak mudah menuntut. Salah satu sumber kekecewaan terbesar adalah sikap menuntut. Ketika kita menuntut seseorang untuk bertindak seperti yang kita mau, lalu hal itu tidak terjadi, maka di situlah timbul kekecewaan.

Kekecewaan juga muncul saat harapan-harapan kita kandas. Cita-cita kandas, hubungan kandas, situasi yang ada tidak terjadi seperti yang kita pikirkan, dan keinginan yang tidak terpenuhi adalah beberapa contoh yang sering membuat kita kecewa. Memang benar bahwa kita harus menggantungkan cita-cita setinggi langit, namun kita juga harus memiliki mental netral seperti: 'Berharap yang terbaik, namun juga bersiap untuk yang terburuk'. Ingatlah bahwa segala kemungkinan dapat terjadi, baik maupun buruk.

Mengingat bahwa kita adalah manusia yang terbatas juga dapat membawa depresi menjauh dari kita. Ingatlah, bahwa kita tidak mampu mengendalikan orang lain atau apa-apa yang akan terjadi di depan kita, namun kita bisa mempersiapkan dan mengendalikan diri kita, reaksi kita sendiri. Seperti ucapan bijak berikut: Kita tidak bisa mencegah burung terbang di atas kepala kita, namun kita dapat mencegah burung itu agar tidak bersarang di kepala kita.

Jadi persiapkan diri Anda untuk menghadapi segala keadaan dengan sikap mental yang rela, nerimo, dan bersyukurlah untuk segala yang terjadi karena itu baik adanya. Ingat hikmah lebih mudah ditemukan melalui penderitaan dari pada kesukaan. Tetap semangat! (bbl/meg)





ARTIKEL TERKAIT - KELUARGA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...