Sukses

Parenting

Dia Bukan Jago Kandang

Di rumah, si kecil sering memancing tawa dan rasa kagum. Tapi di luar rumah, kok, dia jadi pasif?

Oleh Sanita Deselia

Di rumah, Aldo (6) jago bernyanyi dan spontan berjoget energik saat musik favoritnya diperdengarkan. “Namun saat kerabat berkumpul dalam pesta keluarga, kok, susah meminta Aldo unjuk kebolehan,” keluh Noviana, ibunda Aldo. Akrab dengan situasi tersebut? Di lingkungan baru anak yang aktif mendadak pendiam dan pemalu. Kepercayaan dirinya menyusut. Jika Anda mengalami situasi ini, jangan biarkan. Sebab percaya diri adalah salah satu modal untuk meraih cita-citanya. Memupuk rasa percaya dirinya tidak sulit, antara lain dengan mengajak anak terlibat dalam aneka kegiatan ini:

  1. ROLE PLAY

Bermain peran atau berakting. Melatih anak untuk belajar berani mengekspresikan hal-hal yang mungkin sulit dilakukan saat menjadi diri sendiri. Misalnya saat berperan menjadi salah satu superhero, anak bisa lebih mudah menyelami karakter tokoh itu.

  1. BERMAIN MUSIK DAN LAGU

Mendorong anak untuk mempelajari alat musik, berarti Anda memberi kesempatan ia untuk berlatih mengatasi demam panggung saat harus tampil di resital.

  1. MELUKIS DAN MENARI

Menggerakkan tubuh dengan bebas saat musik mengalun atau menggerakkan kuas mengikuti kata hati, mungkin terkesan aktivitas sepele. Tapi membebaskan anak dari aturan benar dan salah, membuatnya lebih bebas bergerak dan percaya diri.

  1. PERMAINAN FISIK

Aneka permainan aktif yang mendorong anak belajar keseimbangan tubuh juga baik untuk melatih percaya dirinya. Misalnya aktivitas memanjat seperti wall climbing, flying fox, atau bermain papan luncur. Ia berlatih mengalahkan rasa takut pada situasi yang tidak biasa, seperti ketinggian atau takut jatuh.

Ke mana membawa anak-anak untuk bisa mendapatkan semua kegiatan itu? Salah satunya ke Pinisi. Pusat edutainment di Pasaraya ini memberikan fasilitas dan kesempatan untuk anak-anak belajar banyak hal. Mulai kelas Art & Culture yang mengajak anak belajar tari dan alat musik  tradisional, sampai aktivitas fisik seperti wall climbing dan flying fox.

 

Source :  Goodhousekeeping Edisi Maret 2013  halaman 82

(vem/gh/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading