Sukses

Parenting

Hati-hati, Nak!

Anak-anak suka mencoba permainan baru? Dukung saja.

Oleh Anita Desyanti

Orangtua sebaiknya tidak menghalangi tumbuh kembang si kecil dengan melarang keinginannya. Salah satunya mencoba permainan ekstrem. Sebaliknya, dampingi ia melakukan permainan fisik yang menjadi minatnya. “Permainan fisik dapat melatih koordinasi kekuatan dan kecakapan fisik anak,” jelas Sri Muji Rakhmawati, M.Psi, psikolog anak dari Universitas Indonesia. Berikut manfaat permainan fisik untuk anak.

  • Menyehatkan. Selayaknya berolahraga, permainan yang menuntut anak untuk bergerak dan mengeluarkan keringat akan menyehatkan tubuh. Anak juga akan tanpa sadar berlatih mengoordinasikan penglihatan dan gerakan, serta merasakan, menguasai dan mengoordinasikan tubuhnya dengan lebih baik.
  • Meningkatkan konsentrasi. Saat melakukan permainan fisik yang menantang seperti flying fox dan wall climbing anak bisa berlatih ketenangan dan konsentrasi.
  • Melatih disiplin. Tanpa disadari, anak akan berlatih untuk patuh dan disiplin mengikuti aturan. Misalnya demi keamanan anak harus mau memakai helm dan sabuk pengaman.

Jika Dia Takut...

Jika anak merasa malu atau takut, lakukan hal berikut:

  1. Tumbuhkan antusiasme. Katakan: “Lihat dia memanjat dinding seperti Spiderman! Mau coba?”
  2. Dampingi dan berikan contoh pada anak. Misalnya Anda atau suami bisa mencoba flying fox lebih dahulu.
  3. Yakinkan permainan terjamin keamanannya. Cek keamanan peralatan dan terangkan pada anak.

 Source :  Goodhousekeeping Edisi April 2013 halaman 78

(vem/gh/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading