Sukses

Parenting

Amber Alert, Bentuk Kesadaran Mengenai Pentingnya Perlindungan Anak

Keamanan buah hati adalah hal yang penting, apalagi di jaman modern ini. Ketika jaman makin berkembang dan kesibukan orang tua makin meningkat. Menitipkan anak pun menjadi salah satu opsi, meskipun masih banyak orang tua yang tidak merasa cukup aman untuk menitipkan anak-anaknya pada orang atau lembaga tertentu.

Semakin banyak kasus anak hilang, menimbulkan keprihatinan banyak pihak mengenai keamanan anak-anak. Salah satunya adalah kasus sedih yang terjadi tahun 1996 bernama Amber Hagerman. Amber adalah bocah 9 tahun yang menjadi korban penculikan dan pembunuhan. Pada tanggal 13 Januari 1996, Amber diculik saat bersepeda di dekat rumah kakeknya di Texas.

(c) Wikipedia

Ia ditemukan tewas terbunuh dan kejadian naas itu menjadikan inspirasi bagi pemerintah Amerika Serikat saat itu untuk meningkatkan kesadaran tentang keselamatan anak. Kematian Amber membuat pemerintah menciptakan program yang bisa lebih membantu apabila ada anak hilang, bernama sesuai dengan Amber, yaitu Amber Alert.

Amber Alert juga memiliki kepanjangan America's Missing Broadcast Emergency Response yang berarti pelayanan broadcast darurat bila sewaktu-waktu terjadi kasus anak atau orang hilang di Amerika. Dioperasikan melalui berbagai media broadcast seperti internet, radio dan kini merambah ponsel. Alat ini sepertinya masih menjangkau daerah Eropa dan Kanada, namun bisa menjadi sebuah gambaran kepedulian pemerintah dan semua pihak mengenai keamanan masyarakat, terutama anak-anak.

Perlu kita sadari bahwa kadang kita begitu terlena oleh kesibukan dan melupakan kebahagiaan serta keamanan anak-anak di sekitar kita. Baru-baru ini terjadi kisah penembakan tragis yang juga mengorbankan anak-anak kecil. Meski sebenarnya kejadian tersebut benar-benar di luar dugaan, namun bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih mengasihi dan melindungi anak-anak kita.

Pastikan Anda memantau dan memberikan pemahaman kepada anak Anda mengenai orang-orang di sekitarnya. Apabila anak Anda belum terlalu mengenal kehidupannya, pastikan dia aman di dalam dan di luar rumah. Misalnya terhindar dari benda-benda berbahaya, alat listrik dan ketinggian. Bisa juga dengan menjelaskan mengenai siapa yang bisa anak hubungi ketika tidak bersama Anda.

Kesibukan kadang menjauhkan jangkauan kita pada anak-anak. Namun alangkah baiknya bila kita selalu meluangkan waktu untuk mereka. Kalau kita pernah bahagia di masa kecil kita, mereka juga pantas mendapatkannya. Kalau mereka punya kesempatan lebih bahagia dari masa kecil kita, maka adalah kesempatan kita sebagai orang tua yang baik untuk memberikan masa kecil yang manis bagi mereka

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading