Sukses

Parenting

Ajarkan Anak Bijak Gunakan Salam Tempel

Mendapat salam tempel adalah tradisi yang ada di Indonesia saat Idul Fitri tiba. Momen ini sangat dinantikan anak-anak, mereka akan senang berkunjung ke rumah saudara dan mendapatkan sejumlah uang dari kerabat yang lebih tua. Saat mereka sudah mengumpulkan salam tempel, tugas Anda adalah memastikan bahwa anak menggunakan salam tempel tersebut dengan bijak.

Ditabung

“Ditabung!” adalah jawaban umum bila anak ditanya akan diapakan uang salam tempel yang mereka terima. Jika anak Anda memang ingin menabung semua hasil salam tempelnya, ajarkan mereka untuk bertanggung jawab akan tabungan tersebut. Daripada ditabung di rumah dan kemungkinan besar itu akan habis sedikit demi sedikit untuk jajan, akan lebih baik jika Anda bukakan rekening tabungan. Banyak bank yang menyediakan jasa tabungan anak. Hal ini bertujuan agar anak Anda bisa memeriksa langsung berapa uang tabungannya, berapa yang telah dia habiskan. Mereka akan belajar berhemat memilah mana yang harus dibeli, mana yang harus ditahan.

Beli Peralatan Sekolah

Jika anak berniat membelanjakan salam tempel untuk membeli peralatan sekolah (misalnya tas, buku, sepatu, seragam sekolah dll), izinkan saja. Tidak perlu menolak karena berpikir bahwa itu adalah kewajiban Anda sebagai orang tua dan mereka tak perlu membelinya. Bagi anak-anak, bisa membeli peralatan sekolah bisa menjadi kebanggaan karena mereka membelinya dengan uang mereka sendiri. Mereka akan belajar untuk menghargai dan merawat peralatan sekolah itu dengan lebih baik.

Tambahkan Sekian Persen Untuk..

Biasanya, anak-anak memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang harganya jauh di atas tabungan mereka, misalnya laptop atau PSP. Tak heran jika anak-anak menanti momen salam tempel untuk mencapai impian tersebut. Jika jumlah salam tempel mencukupi dan Anda hanya tinggal menambah sedikit lagi, tak ada salahnya Anda menambahkan sisa kekurangan uang tersebut. Katakan pada mereka bahwa Anda bangga mereka sudah berpuasa penuh dan punya prestasi yang bagus di sekolah, jadikan hadiah tersebut sebagai pemicu agar ibadah dan prestasi sekolah semakin baik ke depannya.

Jangan Lupa Sedekah

Membiasakan anak untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan sangat penting ditanamkan sejak kecil. Jika anak Anda sudah mengerti mengenai zakat yang harus diberikan pada orang yang tidak mampu, maka Anda bisa menerapkan hal ini pada buah hati. Potong sedikit sejumlah salam tempel yang diterima anak, minta kesediaan mereka untuk ikhlas memberikan sebagian kecil uang itu untuk orang yang lebih membutuhkan. Serahkan keputusan di tangan mereka, kemana uang itu akan diberikan, apakah untuk tetangga yang membutuhkan atau disumbangkan ke panti asuhan misalnya.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan buah hati Anda. Jika Anda memiliki kebijakan lain mengenai salam tempel, silakan bagi pendapat Anda di kolom komentar.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading