Sukses

Parenting

Manfaat Sahur Yang Perlu Anda Ketahui

Ramadhan sebentar lagi, sudahkah Anda menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat Ramadhan? Selain mental, fisik saat menghadapi bulan yang penuh berkah tersebut harus dipersiapkan loh, Ladies. Biasanya, kebanyakan orang menyepelekan makan sahur karena lebih memilih untuk melanjutkan tidur. Padahal, makan sahur mempunyai banyak manfaat. Berikut manfaat yang didapatkan dari sahur:

1. Cadangan energi saat berpuasa

Berpuasa atau menjaga diri untuk tidak makan selama 8 jam tentunya membutuhkan energi agar pada siang harinya aktivitas Anda tidak terganggu. Dengan sahur, berarti Anda menyiapkan banyak cadangan energi untuk beraktivitas. Sebaiknya, saat sahur, hindari makan atau minum sesuatu yang manis karena Anda justru akan cepat merasa lapar. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang melepaskan insulin dengan cepat. Padahal insulin berfungsi mentransfer gula dari dalam darah ke seluruh tubuh dan melepaskannya dalam bentuk energi. Sebaiknya Anda memperbanyak makan makanan yang mengandung serat dan protein karena dapat membantu memperlambat proses pengeluaran insulin.

2. Menyeimbangkan asam lambung

Sama halnya kita menyimpan cadangan energi yang digunakan untuk beraktivitas. Begitu juga dengan aktivitas lambung, makanan yang dicerna saat sahur membantu lambung untuk melakukan netralisasi saat tak ada bahan yang dicerna.

3. Berpahala

Selain bermanfaat bagi tubuh, sahur juga mendatangkan pahala karena mengikuti sunnah Rosul.

Jadi, masih ragu untuk meninggalkan sahur untuk sekedar tidur? Sebaiknya jangan.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading