Cara Mudah Ajarkan Anak Cuci Tangan

Sabtu, 23 Juni 2012 07:00


(c) 123RF

Vemale.com - Vemale.com - Mencuci tangan baik untuk menjaga kesehatan anak dan orang dewasa, kalimat itu bukan hanya iklan semata. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Infection menunjukkan bahwa anak usia 5 hingga 15 tahun yang rajin mencuci tangan tiga kali sehari lebih jarang tidak masuk sekolah karena sakit. Hal ini tentu saja bagus karena kesehatan anak yang baik akan mendukung proses pertumbuhan sekaligus proses belajar di sekolah.

" Kebiasaan baik dan sehat ini harus dimulai sejak dini. Membiasakan anak agar rajin mencuci tangan bisa dilakukan dengan tips ini. "

Memulai kebiasaan baik ini tak selalu mudah, apalagi untuk anak-anak. Anda tidak boleh segera menyerah bila mereka sulit diajak mencuci tangan. Tips berikut akan membantu Anda..

1. Buat Anak Paham Pentingnya Mencuci Tangan

Anak-anak harus mengerti terlebih dahulu mengapa mereka harus mencuci tangan. Anda bisa menjelaskan hal ini dalam bentuk buku bergambar yang banyak dijual di toko buku. Jika tidak ada buku tersebut, Anda bisa membuat pelajaran pentingnya mencuci tangan seperti dongeng. Buat saja kisah tentang kelinci yang rajin mencuci tangan dan yang tidak.

2. Beli Sabun Dengan Aroma Kesukaan Anak

Sabun kesehatan yang biasa kadang memiliki aroma yang tak menarik bagi anak. Anda bisa membeli sabun pencuci tangan dengan aroma kesukaan anak-anak, misalnya strawberry, apel atau anggur. Pilih sabun dengan tekstur yang lembut, misalnya sabun cuci tangan cair.

3. Akses Mudah Memakai Wastafel

Anak-anak kadang kesulitan memakai wastafel yang tinggi dan mereka tidak dapat mencapainya. Sediakan bangku kecil yang bisa mereka pakai sebagai pijakan. Pastikan ukuran pijakan aman dan nyaman untuk anak. Letakkan bangku itu di bawah wastafel, sehingga anak mudah menjangkaunya.

4. Tempel Poster Lucu

Menempelkan poster bergambar hewan-hewan kartun yang sedang mencuci tangan di dekat wastafel bisa memotivasi anak untuk rajin mencuci tangan.

5. Mencuci Tangan Yang Benar

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah dua kali lagu happy birthday to you, anak Anda pasti sudah hapal lagu ini. Jangan biarkan mereka selesai mencuci tangan sebelum lagu habis. Ajarkan juga cara menggosok tangan yang benar, membersihkan sela-sela jari dan kuku.

6. Sediakan Lap Bersih di Samping Wastafel

Agar air bekas cuci tangan tak berceceran di lantai, letakkan lap bersih berupa handuk, biasanya handuk ini memiliki model wajah hewan atau kartun kesukaan anak. Hal itu akan membuat mereka tak lupa untuk mengelap tangan setelah mencuci tangan. Ganti lap ini maksimal 3 hari sekali.

7. Bawa Hand Sanitizer

Jika Anda dan keluarga sedang bepergian dan tidak menemukan tempat mencuci tangan, gunakan hand sanitizer. Tetapi tanamkan pada anak bahwa cara membersihkan tangan terbaik adalah dengan mencuci tangan.

Ayo ajarkan pola hidup sehat pada anak mulai dari sekarang! Apakah Anda punya tips lain agar anak mau mencuci tangan? Tuliskan di kolom komentar :)

(vem/yel)





ARTIKEL TERKAIT - KELUARGA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...