Sukses

Parenting

Ini Yang Remaja Perlu Tahu Soal Uang

Vemale.com- Mendidik anak-anak dan remaja akan berbeda caranya jika bicara soal mengatur keuangan dan 'arti' dari sejumlah uang. Untuk anak-anak, mungkin cukup Anda beritahu agar tidak boros, berhemat dan menabung. Namun untuk remaja akan berbeda. Saat ini bahkan para remaja sudah bisa menghasilkan uang sendiri, dan tuntutan untuk mengikuti gaya hidup tertentu terasa semakin menekan para remaja untuk membelanjakan uang mereka. Lalu apa yang harus Anda ajarkan sebagai orang tuanya?

Pentingnya pendidikan dan kerja keras

Keinginan untuk bebas dan menjadi diri sendiri sering menjerumuskan remaja pada kemalasan dan mengabaikan pendidikannya. Di sinilah Anda harus mengajarkan bahwa pendidikan dan kerja keras itu penting untuk keuangan mereka di masa depan. Orang sering menekankan 'bekerja janganlah karena uang', namun tidak bisa dipungkiri kita bekerja juga untuk mencukupi biaya hidup dengan uang yang kita dapatkan.

Buka rekening tabungan

Menabung masih menjadi anjuran yang harus tetap ditekankan pada remaja (bahkan saat mereka dewasa sekalipun). Kini anak Anda sudah cukup umur untuk membuka rekening tabungan sendiri, ajari mereka tentang menabung di bank, bagaimana perhitungan bunganya dan juga berbagai biaya yang harus dibayar (jika ada). Ajak anak untuk mencetak transaksi secara berkala di buku tabungannya, sehingga Anda juga bisa mengawasi keuangannya.

Jadikan semangat

Memberikan uang dalam jumlah besar, atau membelikan barang berharga mahal tentu tidak bijak pada anak remaja. Anda bisa melakukannya sekaligus sebagai penyemangat, dengan cara: minta anak Anda untuk menabung hingga jangka waktu tertentu (kira-kira 10-50% dari harga barang yang akan dibeli), dan Anda akan menambahkan sisanya sehingga dia bisa membeli barang yang diinginkan.

Smart shoppaholic

Anak suka mencontoh orang tuanya soal membelanjakan uang, jadi jangan berboros ria sementara Anda meminta anak untuk berhemat. Ajari anak bagaimana berbelanja yang hemat, melihat peluang di SALE dan memilih barang yang berkualitas dengan harga miring. Ajak anak untuk mengatur budget belanja bulanan Anda dan ajari cara membagi uang bulanan Anda.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading