Sukses

Parenting

Tanpa Menekan, Ini 5 Tips Mudah Bikin Anak Lebih Percaya Diri

Untuk membuat anak bisa percaya diri, kita sebagai orang tua perlu ikut terlibat dalam tumbuh kembangnya. Hanya saja kadang kita sering tidak sabaran sampai akhirnya memaksa atau menekan anak untuk mematuhi sesuatu. Padahal ada banyak cara dan alternatif lain yang bisa dicoba untuk memaksimalkan tubuh kembang anak.

Agar anak bisa percaya diri misalnya, ada sejumlah tips mudah yang bisa Moms lakukan. Dan tips-tips ini tak melibatkan paksaan atau bentakan. Selengkapnya, yuk ikuti detailnya di bawah ini.

Ungkapkan yang Moms Sukai dari Anak

Anak-anak pastinya sangat ingin bisa mendengar dan mengetahui dirinya dicintai. Tapi bukan cuma sebatas "aku menyayangimu" saja, tapi Moms juga perlu mengungkapkan apa yang Moms sukai dari anak. Misalnya, "Ibu sangat senang melihatmu membantu nenek tadi." Dengan begitu, anak akan tahu dan menyadari bahwa dirinya diperhatikan. Sehingga ia bisa lebih semangat dan percaya diri untuk melakukan hal-hal baik lagi ke depannya.

Kalau anak berbuat salah atau melakukan sesuatu yang tak semestinya dilakukan, Moms bisa tegur baik-baik. Tak perlu membentak atau menekannya langsung untuk berubah segera. Anak kadang perlu belajar dari kesalahan untuk bisa memperbaiki sikap dan perilakunya ke depan.

Dukung Kegiatan yang Anak Suka

Anak memiliki minat atau ketertarikan melakukan sesuatu? Kita perlu mendukungnya, Moms. Saat anak tahu kita berada di pihaknya untuk mendukung usahanya, anak akan mendapatkan rasa percaya dirinya.

Sediakan Telinga Kita untuk Mendengar Kecemasannya

Anak perlu tahu bahwa kita peduli dengan dirinya. Kalau anak merasa enggan untuk berbagi cerita pada orang tuanya sendiri, dia bisa merasa kalau orang lain juga tak peduli dengannya. Kalau dibiarkan terus menerus, anak bisa mengalami gangguan emosi dan rasa percaya dirinya bisa merosot.

Kalau kita merasa belum bisa melakukan yang terbaik untuk anak, tak apa untuk minta maaf. Orang tua adalah panutan anak. Bila orang tua bisa membuktikan dirinya juga bisa meminta maaf saat berbuat salah, anak pun nantinya akan menerapkannya juga dalam kesehariannya. Nilai-nilai positif seperti ini bisa membantu anak tumbuh jadi orang dewasa yang lebih bijak.

Luangkan Waktu Khusus Bersama dengan Anak-Anak

Anak-anak juga ingin jadi prioritas penting dalam hidup orang tuanya. Untuk itu, kita sebagai orang tua perlu meluangkan waktu khusus dengan anak-anak. Bisa dengan melakukan liburan bersama di akhir pekan atau sekadar melakukan kegiatan memasak bersama di rumah saat hari libur.

Izinkan Anak Mencoba Sesuatu yang Baru Sendiri

Agar rasa percaya diri anak bisa meningkat, kita bisa memberinya ruang untuk melakukan sesuatu yang baru sendiri. Sekalipun gagal, setidaknya ia sudah belajar untuk menggali potensinya. Bahkan dari sebuah kegagalan atau kesalahan, anak bisa belajar memiliki kemampuan mental yang lebih kuat. Sebagai orang tua, kita perlu mengarahkan dan mendampinginya agar bisa tetap terkontrol tumbuh kembangnya ke arah yang positif.

Yuk, kita bantu anak untuk bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk Moms sekalian.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading