/relationship/keluarga/101878-mom-ini-cara-widi-mulia-ajarkan-toleransi-pada-buah-hati.html

Mom, Ini Cara Widi Mulia Ajarkan Toleransi Pada Buah Hati

Jum'at, 17 Februari 2017 11:57

Reporter: Anisha Saktian Putri

Photo: Copyright KapanLagi.com

Vemale.com - Belajar mengenali dan menerima perbedaan adalah satu hal yang perlu diajarkan sejak anak masih kecil. Apalagi Indonesia memiliki banyak RAS. Sudah sepatutnya orangtua mengajarkan bahwa perbedaan itu indah bagi sang anak.

Toleransi tidak hanya dalam artian pada suku bangsa atau agama saja, tetapi juga menyangkut keragaman baik dari jenis kelamin, kecerdasan, fisik, belajar untuk menghargai berbagai perbedaan yang ada antar sesama manusia. Nah Mom, aktris sekaligus ibu dari tiga anak, Widi Mulia pun mengajarkan ketiga buah hatinya dalam bertoleransi.

"Paling mudah mengajarkan anak bertoleransi membuat mereka nyaman dalam berbicara di mana saja. Dari situlah kita tahu bagaimana karakteristik anak," ujar salah satu personil B3 ini saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Widi bersama suami dan dua buah hatinya | Photo: Copyright KapanLagi.comWidi bersama suami dan dua buah hatinya | Photo: Copyright KapanLagi.com


Widi menambahkan, Jika si anak nyaman berbicara di mana saja jadi nggak ada ketakutan. Mereka pun mengerti akan toleransi. "Sebagai orang tua kita harus lebih kreatif karena jika di sekolah kan lebih banyak teori saja. Seperti contoh kita membaca buku yang beragam tentang etnis, lalu beri tahu anak tentang isu yang sedang berkembang. Agar kita mudah berbicara atau menjelaskan pada anak," tutur istri Dwi Sasono ini.

Bahkan, Widi mengaku membudayakan sikap demokratis untuk anak. "Sebagai orang tua yang modern saya tidak membatasi mereka untuk bergaul seperti ikut komunitas. Saya memberikan anak kenyamanan untuk bersuara. Agar mereka tidak takut mengeluarkan pendapat. Perbanyak mengobrol dengan anak, itu akan membuat mereka nyaman," tutupnya.

Intinya, Widi menegaskan agar mulai dari usia anak-anak, buah hatinya bisa bersuara dan bersosialisasi kepada orang lain. Dengan begitu, buah hatinya akan mengetahui situasi lingkungannya. Mengetahui kapan anak bisa membuka suara, bertanya dan berpendapat serta kapan waktu mereka untuk diam dan mendengarkan orang-orang di sekitarnya.

Jangan Lewatkan Tips Mengasuh Anak Berikut Ini:

Moms, Ini Cara Mengajarkan Anak Usia 3-5 Tahun Tentang Uang

Mengarahkan Tanpa Membentak, Ini Tips Mengasuh Anak Hiperaktif

Mom, Ini Cara Bikin Tempat Mainan Anak Agar Tidak Berantakan

Mom, Ini Tips Kembalikan Rasa Percaya Diri Anak Setelah Dibully

Agar Anak Tak Rewel Saat Diminta Makan Sayur, Begini Tipsnya Mom

(vem/asp/mim)


Rekomendasi Pilihan

Tren Unicorn Menguasai Dunia

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aquarius

Karier kamu sedang meningkat.