Sukses

Parenting

Anak Tak Mau Makan Sayur? Beri Dia Sayuran 15 Hari Berturut-Turut

Soal makanan, tidak sedikit anak-anak yang cenderung sangat pemilih. Tidak sedikit anak yang mau makan jika lauknya ikan, ayam atau daging. Sedangkan sangat sulit bagi mereka untuk makan sayur-sayuran. Jangankan untuk memakannya, melihat orang tuanya hendak memberikan sayuran sudah membuatnya malas makan. Mom, apakah buah hati di rumah juga seperti ini?

Anak malas makan sayuran sebenarnya bukan masalah yang asing karena ini hampir terjadi pada semua anak. Hanya saja, setiap orang tua harus tetap semangat untuk membuat buah hati menyukai sayuran. Perlu kita tahu, nutrisi pada sayuran dan buah-buahan sangat baik dalam menjamin dan menjaga tumbuh kembang anak. Nutrisi pada sayur-sayuran juga memungkinkan membuat tubuh anak senantiasa sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit.

Kalau anak susah makan sayur, lantas apa yang bisa dilakukan orang tua?
Mom tak perlu khawatir terlalu mendalam ketika anak tak mau makan sayur. Agar anak semakin suka dengan sayuran, penting bagi Mom untuk membiasakan diri menyantap sayuran bersama keluarga besar dan orang-orang terdekat anak. Ketika orang tua ingin anak suka dengan sayuran, orang tua juga harus memberi contoh dengan menyukai sayuran.

Disarankan agar orang tua juga mengajak anak memilih sayuran yang mereka suka, mengajak anak belanja hingga memasak sayuran yang mereka dipilih. Dengan melibatkan anak agar mau memilih dan memasak sayurannya sendiri, cepat atau lambat hal ini bisa membuat mereka semakin menyukai sayuran.

Agar anak suka sayur, pastikan memberikannya sayuran yang sesuai dengan lidah anak | Photo: Copyright mnn.com

Kalau anak tetap tak mau makan sayur, bolehkah orang tua memaksanya?
Para ahli kesehatan menyarankan agar orang tua tidak pernah memaksa anak makan sayuran jika memang mereka tidak menyukainya. Dikutip dari laman boldsky.com, orang tua harus pandai-pandai mencari cara agar anak mau makan sayuran yang disajikan. Memaksa anak dengan kasar justru membuat anak semakin tidak suka dengan sayuran.

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua hanya perlu memberikan sayuran secara terus menerus selama beberapa hari yakni kurang lebih selama 15 hari. Cara ini dinilai ampuh membuat anak-anak lebih suka sayuran yang sebelumnya sangat mereka benci. Ketika orang tua terus menerus memberikan sayuran yang sama pada anak, lama kelamaan anak akan mengalami rasa bosan dan ia pun akan tertarik makan sayur tersebut. Awalnya mungkin mereka akan mencoba mencicipinya, tapi lama-kelamaan mereka akan menyukainya.

Penelitian yang dilakukan pada sedikitnya 50 anak oleh ahli dari Coventry University ditemukan bahwa anak yang disajikan sayuran secara terus menerus membuat mereka perlahan menyukai sayuran. Dengan catatan, sajian sayur tersebut berubah-rubah dengan rasa yang cocok di lidah anak.

Jackie Blisset, profesor dari Coventry University mengatakan, "Anak-anak sebenarnya suka sayur jika kita mengolahnya dengan baik dan sesuai dengan lidah mereka. Anak yang diberi sayur yang sama secara terus-menerus perlahan akan menyukai sayuran tersebut. Ini telah membuat lidah mereka terbiasa dengan sayuran." Well Mom, itulah agar anak mau makan sayur. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading