Sukses

Parenting

Biasakan Anak Menabung untuk Beli Mainannya, Alasannya...

Mengajarkan tanggung jawab pada anak perlu dilakukan sejak dini. Dan hal ini memang bukan perkara yang mudah. Butuh kesabaran dan juga cara pengarahan yang tepat.

Moms, sudahkah kita membiasakan anak menabung untuk membeli mainan atau barang yang diinginkannya? Atau justru selama ini kita langsung memberikan dan membelikan anak mainan setiap kali ia menginginkannya?

Ada baiknya kita mengajarkan dan membiasakan anak menabung dulu untuk mendapatkan mainan dan benda yang diinginkannya. Memang akan butuh usaha yang keras. Belum lagi membujuk dan mengarahkan anak itu butuh kesabaran super ekstra. Tapi ada manfaat besar yang bisa diperoleh saat kita bisa membiasakan anak memakai uangnya sendiri untuk membeli barang yang diinginkannya.

Mengajarkan Anak Arti Tanggung Jawab
Bukan bermaksud menekan anak atau membebani anak untuk bekerja demi mendapat yang diinginkannya. Tapi mengajari mereka soal tanggung jawab. Dengan mengarahkan anak menabung, kita bisa sekaligus mengajarinya arti tanggung jawab. Bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki dan dikumpulkannya. Dan berlatih untuk bisa membagi prioritas dalam menggunakan uang tersebut.

Anak Bisa Melatih Kesabarannya
Pesan yang ingin disampaikan adalah kalau mau dapat hasil yang bagus, harus bisa usaha. Nilai ini perlu ditanamkan sejak kecil agar anak bisa memiliki mental yang kuat seiring perkembangannya nanti. Latih anak untuk bisa sabar, menabung sedikit demi sedikit untuk bisa membeli barang yang diinginkan. Sehingga ia tidak gampang rewel atau egois minta semua keinginannya dipenuhi seketika.

Mengajari anak menabung untuk membeli barang impiannya bisa membantunya terhindar dari perilaku konsumtif. Dia juga lebih memahami nilai dan fungsi uang. Ia akan belajar bahwa uang itu tak langsung jatuh dari langit. Perlu usaha dan kerja keras untuk mendapatkan uang.


Membuat Anak Mau Merawat Mainannya
Karena sudah merasakan kerja keras dan lamanya menabung untuk mendapat mainan impian, maka anak akan tergugah untuk lebih menghargai mainannya. Dia akan lebih baik lagi dalam merawat mainannya. Dia tak akan sembarangan menaruh atau memainkan barang-barang miliknya.

Anak Tidak Lagi Manja
Kalau kita sebagai orang tua selalu membelikan dan memberikan barang yang diinginkannya, lama-lama ia bisa jadi manja dan menggantungkan semuanya pada kita. Dia bisa gampang rewel jika keinginannya tak dituruti. Saat anak belajar untuk menabung demi mendapat barang yang diinginkannya, ia bisa lebih mandiri. Tak manja dan tak menggantungkan diri pada orang lain.

Kalau Moms sendiri apakah punya pengalaman terkait hal ini? Atau mungkin punya tips-tips lain agar tumbuh kembang anak bisa lebih baik dengan mengajarinya kebiasaan ini? Share your opinions with us :)





 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading