Sukses

Parenting

Keluarga Jadi Lebih Harmonis Kalau Punya Tradisi Makan Bersama

Setiap keluarga biasanya memiliki tradisi yang berbeda-beda. Salah satu tradisi yang paling umum dan banyak dimiliki adalah tradisi makan bersama. Makan bersama yang dimaksud adalah duduk bareng dalam satu waktu lalu menikmati hidangan bersama keluarga. Bisa di rumah, bisa juga di restoran atau warung makan lain.

Dan ternyata memang keluarga bisa jadi lebih harmonis kalau punya tradisi makan bersama ini. Berada di satu meja, menghabiskan waktu bersama menikmati hidangan yang ada. Kebersamaan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat.

Menjaga Komunikasi dalam Keluarga

Karena kesibukan dan rutinitas masing-masing, kadang waktu berkumpul dengan keluarga jadi makin berkurang. Rumah tak ubahnya jadi tempat persinggahan belaka. Komunikasi pun jadi makin jarang. Tapi dengan adanya tradisi atau kebiasaan makan bersama, maka waktu akan secara khusus dicurahkan seutuhnya untuk keluarga.

Saat makan bersama, anggota keluarga bisa juga memanfaatkannya sebagai ajang bertukar pikiran. Mengobrolkan hal-hal yang seru dengan santai sambil menikmati hidangan yang lezat. Kegiatan ini akan jadi kenangan bersama yang tak terlupakan.

Bisa Jadi Ajang untuk Memberi Nasihat

Saat anak punya masalah, ia bisa menjadikan momen makan bersama sebagai ajang untuk mencurahkan hati dan perasaannya. Di sini, orang tua pun bisa lebih santai untuk mendengarkan semua keluh kesah dan memberinya nasihat. Hubungan anak dan orang tua bisa lebih dekat saat anak mau terbuka soal masalahnya, lalu orang tua membantunya mencari jalan keluar terbaiknya.

Belajar Soal Kebiasaan Makan yang Baik

Saat makan di meja dan bersama keluarga, masing-masing anggota keluarga bisa saling belajar soal kebiasaan makan yang baik. Tata krama dan etiket makan yang sopan dan santun. Sehingga nantinya jika mendapat undangan makan dengan orang lain misalnya, sudah terbiasa menunjukkan etiket makan yang baik.

Keharmonisan Keluarga Jadi Lebih Terjaga

Pada dasarnya keharmonisan bisa tetap terjaga kalau selalu ada momen kebersamaan. Tradisi makan bersama mungkin terlihat sebagai hal sepele. Tapi kalau bisa dibiasakan, bahkan diagendakan secara khusus, kesederhanaan ini akan memberi kebahagiaan tersendiri. Meskipun hidangan yang dinikmati tidak mewah, tapi kalau sudah dimakan bersama-sama maka rasanya akan terasa istimewa.

Kalau menurutmu sendiri, bagaimana Ladies? Seberapa penting sih tradisi makan bersama keluarga ini? Kalau di keluargamu sudah ada tradisi ini, terus dijaga ya. Dari kesederhanaan bisa tercipta kebahagiaan yang kadang di luar dugaan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading