Kiat Menjadi Ibu Rumah Tangga Cerdas

Senin, 12 September 2011 07:00



(c) sheknows

Vemale.com - Vemale.com- Sejuta perhatian dan pengamatan khusus harus diberikan kepada sang buah hati demi keberhasilan dalam mendidik anak. Bahkan, beberapa wanita rela meninggalkan pekerjaan terdahulunya agar dapat meluangkan waktu bagi si buah hati. Namun, jangan biarkan aktivitas ini membuat Anda jenuh, malu, dan kehilangan jiwa bersosialisasi Anda. Ikuti empat langkah berikut, untuk menjadi ibu rumah tangga yang cerdas.

1. Berbanggalah dengan peran yang Anda jalani

Ketika seseorang menanyakan pekerjaan apa yang sedang Anda geluti, jangan ragu untuk menjawab jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Sebagian orang memang akan mengernyitkan dahinya mendengar pernyataan Anda. Dengan kondisi di mana wanita karir lebih terlihat mengesankan kini, peran ibu rumah tangga memang sedikit terabaikan. Banyak dari mereka akan berpikir mengenai pilihan Anda sebagai ibu yang beraktivitas di rumah. Pasalnya, Anda akan terlihat seperti orang dengan pendidikan yang minim, dan Anda juga akan terlihat seperti orang yang menggantungkan segalanya pada suami.

Jangan ragu dengan itu! perlu Anda ketahui, meluangkan waktu Anda bagi si kecil adalah hal yang lebih mulia bagi seorang ibu dibandingkan dengan apapun di dunia ini. Anda dapat belajar untuk lebih menghargai waktu bermain Anda dengan si kecil, di samping itu, Anda dapat mengetahui dengan benar segala sesuatu tentang buah hati Anda. Dan, satu kelebihan yang Anda miliki dengan menjaga penuh buah hati Anda, dengan pengorbanan Anda meluangkan waktu baginya, dia pun akan mengerti betapa peduli Anda terhadapnya. Alhasil? kelak di saat Anda tua dan tidak ada siapapun yang peduli terhadap kondisi Anda, apa yang telah Anda tanam akan membuahkan hasil. Benar, kini giliran buah hati Anda yang menjaga dan merawat Anda. Tanpa ada rasa pamrih dan rasa ingin di balas kebaikannya, mereka secara natural dapat merasakan ketulusan Anda. Buktikan sendiri!

2. Tetap bersosialisasi dengan lingkungan Anda

Menjadi ibu yang cekatan dalam mengurus rumah tangga, adalah hal yang sangat terpuji. Namun, Anda tak boleh lupa, bahwa kehidupan di luar rumah pun juga termasuk prioritas Anda sebagai seorang manusia. Dengan waktu yang Anda miliki, mungkin sesekali ada baiknya jika Anda mengadakan pesta di rumah dengan mengundang berbagai teman dan kerabat Anda. Hal ini tentunya tidak akan mengurangi porsi Anda sebagai seorang ibu.

Dengan pesta kecil-kecilan yang Anda buat khusus untuk mereka, akan menambah nilai plus Anda sebagai ibu rumah tangga yang supel. Hal lain dalam menjaga komunikasi Anda dengan sesama juga dapat Anda lakukan ketika mengantar si kecil ke sekolah. Mungkin Anda dapat mulai memperkenalkan diri kepada ibu-ibu yang lainnya, dan mulai menjalin sebuah hubungan pertemanan. Bahkan, Anda dapat membuat sebuah grup ibu-ibu yang mengadakan arisan seminggu sekali. Trust me! It will be fun!

3. Rutinitas yang terorganisir

Peran Anda sebagai ibu rumah tangga tidak harus membuat Anda terjebak dalam keadaan itu itu saja. Make a list! Buatlah jadwal yang terorganisir dengan baik untuk rutinitas yang akan Anda kerjakan sehari-hari. Tulis di kalender, atau mungkin Anda dapat membuat sebuah poster besar yang dapat mengingatkan Anda. Aturlah hal-hal apa saja yang akan Anda lakukan bulan ini. Mungkin, Anda dapat mulai meletakkan kegiatan bersih-bersih rumah di hari Minggu. Atau, hari Sabtu dapat Anda jadikan sebagai hari keluarga, di mana Anda dan keluarga pergi berlibur ke suatu tempat.

Dan tentunya, ketika anak dan suami Anda tidak sedang di rumah, kegiatan fitness dapat di jadikan rutinitas Anda di pagi hari. Peranan jadwal yang Anda buat ini dapat meningkatkan kualitas hidup Anda sebagai seorang ibu. Di samping itu, Anda akan lebih teratur dalam beraktivitas, dan terhindar dari perasaan jenuh.

4. Kembangkan kreativitas Anda

Kegiatan yang satu ini memang sedang marak dilakukan oleh ibu rumah tangga di seluruh dunia. Dengan waktu yang mereka miliki di rumah, hal-hal kecil pun dapat menjadi hal yang menyenangkan. Anda pernah mengikuti organisasi mading semasa SMA? lakukan lagi bakat Anda. Mungkin, majalah-majalah yang tak lagi diperlukan di rumah, dapat menjadi bahan mading yang akan Anda buat.

Hasilnya? dapat Anda letakkan di kamar anak, maupun sebagai hiasan dinding. Tak hanya itu, kini Anda dapat memulai untuk membuat baju rajutan bagi si kecil yang sempat tertunda dahulu. Anda gemar merancang manik-manik? mungkin sesekali dapat Anda terapkan di rumah dalam membuat aksesoris yang unik dan lucu. Bahkan, jika Anda memiliki jiwa bisnis yang selama ini terpendam, dapat Anda apresiasikan dengan membuka toko di rumah. Siapa tahu, barang-barang hasil kreasi Anda diminati oleh beberapa orang. Hal ini tak hanya menyenangkan saja, namun juga mendatangkan rejeki kan.

Ladies, tidak ada salahnya menjadi seorang wanita dengan aktivitas di dalam rumah. Dengan kegiatan yang menyenangkan, dan tetap bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, Anda dapat menjadi ibu rumah tangga yang berbahagia.

(vem/io/bee)







ARTIKEL TERKAIT - KELUARGA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...