Sukses

Parenting

3 Cara Mengajarkan Anak Memulai Pertemanan Di Sekolah

Anak-anak sudah bisa diajarkan banyak hal sejak kecil, terutama konsep dan nilai-nilai baik untuk kehidupan, salah satunya adalah mengenal persahabatan. Masuk sekolah, anak-anak sudah mulai bertemu teman-teman yang seumuran mereka.

Di sini peran Moms dibutuhkan untuk anak, bagaimana cara yang baik berkenalan baik dengan yang seumuran maupun yang lebih tua, memulai pertemanan dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang-orang di sekitar anak. Lakukan hal ini untuk membantu anak-anak membangun pertemanan yang baik.

1. Sharing tentang apa yang dirasakan
Anak-anak sudah bisa merasakan mana yang membuat mereka nyaman dan tidak, mana yang disuka dan mana yang tidak. Coba latih anak untuk merasakan empati dari dongeng, film, kartun dan lainnya. Penelitian menunjukkan, ketika orangtua mendiskusikan tentang perasaan yang berhubungan dengan buku atau cerita, anak-anak jadi lebih mudah mengerti dan bisa menempatkan diri di posisi orang lain.

2. Ajak bermain dan berkenalan dengan anak-anak lain
Orangtua bertugas menjaga dan mengawasi anak agar tidak sembarangan mengenal orang, namun juga berperan dalam mendorong anak untuk bersikap ramah dan bersahabat dengan orang lain. Ajak anak ke perkumpulan di mana ada banyak anak-anak. Biarkan anak bermain bersama anak-anak lain. Dari sini juga kamu juga bisa mengamati, anak kurang dalam hal apa mengenai bersosialisasi.

3. Ajarkan keramahan
Anak-anak biasanya egois, mementingkan dirinya dan mau menang sendiri. Hal ini wajar, dan tugas orangtua adalah mengajarkan anak kapan harus egois dan kapan tidak. Ajarkan keramahan dengan menyapa banyak orang, tersenyum kepada orang lain dan lainnya. Bentuk keramahan yang ditunjukkan orangtua terhadap orang lain akan membuat anak meniru apa yang dilakukan orangtua.

Dorong anak untuk mau mengenal dan menyapa teman-temannya. Mengucapkan terima kasih, berbagi dan bergantian saat meminjam barang. Hal-hal sederhana seperti ini saja terkadang sulit dilakukan anak, jadi bantu anak untuk terbiasa dengan hal-hal seperti itu Moms. Dengan begini, anak akan lebih mudah berteman dan membangun sosialisasi dengan anak lain.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading