Sukses

Parenting

Generasi Sandwich? Begini Cara Terhindar Dari Hal ini

Ladies, kamu tahu apa itu Generasi Sandwich? Bukan generasi yang suka makan roti sandwich dengan isi lembaran daging atau sosis yah, melainkan generasi yang memiliki peran ganda di keluarganya.

Mereka ialah generasi yang terjepit antara mengurusi orang tua dan mengurusi anak pada saat yang bersamaan, terutama secara finansial/keuangan, sehingga disebut juga dengan Generasi Sandwich. Nah Ladies, apakah kamu dalam posisi tersebut?

Memang menjadi generasi sandwich tak mudah karena banyak yang harus kita pikirkan dan membuat kita stres. Namun, untuk menghindari rasa stres tersebut, kamu harus mengerti apa yang harus dilakukan.

Psikolog Nadya Pramesrani, M. Psi, pun menjelaskan hal utama yang harus dipersiapkan ialah pola hidup sehat agar kita tidak mudah stres.

"Ajaklah orangtua pemeriksaan kesehatan rutin dan beri mereka kegiatan karena usia lansia justru perlu aktivitas agar tubuhnya selalu sehat. Komunikasi antar suami istri selalu baik, tidak terjadi miss communication. Memiliki financial planning agar saat menjadi generasi sandwich kamu sudah punya investasi," ujar Nadya.

Perencanaan keuangan untuk masa depan pun diperlukan agar nanti kita tidak menyusahkan anak kita karena anak bukanlah investasi di masa depan. "Mulai sekarang catat pengeluaran sehari-hari. Investasikan uang terlebih dahulu, baru sisanya kita boleh konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Ketika gaji naik, bukan gaya hidup yang naik pula tapi investasi yang meningkat. Agar saat tua nanti kita tetap dapat travelling atau belanja bukan menyusahkan anak kita," tambahnya.

Jangan lupa temuilah ahli perencanaan keuangan yang dapat memberikan solusi terbaik bagi keuangan kamu dan keluarga sesuai kebutuhan.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading