Sukses

Parenting

Menikmati Liburan dengan Masak Bersama Anak

Tidak harus berlibur ke luar kota untuk menikmati waktu libur panjang. Cukup beraktivitas di rumah pun tetap menyenangkan. Liburan saat libur panjang justru berisiko stres karena harus berhadapan dengan macet. Bukankah liburan seharusnya waktu untuk mengurangi stres? Ini kok malah mengundang stres?

Mom, tidak perlu bingung. Saat libur panjang manfaatkan waktu tersebut untuk menikmati quality time bersama si kecil. Salah satunya adalah dengan memasak bersama. Nah, agar tidak panik berikut adalah cara memasak bersama anak agar tetap aman dan menyenangkan. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

  1. Ajak si kecil untuk menyusun menu makanan yang akan dimasak. Hal ini akan membuat si kecil semakin semangat dan merasa lebih diperhatikan.
  2. Sebelum memulai memasak sebaiknya pastikan keamanan dapur Mom. Jauhkan benda tajam dan berbahaya dari jangkauan anak.
  3. jangan biarkan si kecil bermain-main dengan kompor atau pemanas lainnya.
  4. Selama beraktivitas jangan lupa untuk selalu mengawasi si kecil. Jangan biarkan dia beraktivitas tanpa pengawasan Mom.
  5. Pilih peralatan masak yang aman seperti dari kayu dan plastik. Karena akan lebih aman digunakan anak-anak.
  6. Saat dapur berantakan jangan terburu marah dan emosi, tunjukkan bahwa semua ini adalah bagian dari proses.
  7. Jadikan aktivitas memasak sebagai ajang untuk belajar. Mom dapat memintanya untuk menghitung jumlah bahan yang dibutuhkan. Jadikan aktivitas memasak sebagai ajang bermain sekaligus belajar.
  8. Kenalkan bahan makanan baik sayur maupun bahan masakan lainnya. Jelaskan manfaat dan kegunaannya. Hal ini membantu anak untuk mengenal hal baru.
  9. Saat si kecil merasa kesulitan, jangan segan untuk membantunya. Memasak juga akan membantunya belajar lebih mandiri.

Mom, demikian 9 cara untuk tetap menyenangkan selama memasak bersama si kecil. Kenalkan tentang pekerjaan rumah sejak dini akan membantu anak lebih mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat liburan.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading