Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Minggu, 17 Juli 2011 07:00



(c) wordpress Vemale.com - Sebagai salah satu bagian dari dunia kerja, maka Anda tentu tidak sendiri. Anda akan terhubung oleh banyak pihak dan kalangan. Salah satu cara untuk menjadikan hubungan dalam dunia kerja semakin baik adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semakin baik Anda menguasai kemampuan ini, maka komunikasi yang berjalan akan menunjang karir Anda.

Ketidakmampuan menguasai komunikasi dalam dunia kerja akan membuat Anda kebingungan dan tersesat. Agar hal itu tidak terjadi, maka tingkatkan kemampuan itu mulai sekarang. Ada beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan mudah.

1. Dengarkan Lebih Banyak

Dengan mendengarkan, Anda akan mendapat banyak gambaran mengenai sudut pandang seseorang sehingga apa yang ingin mereka sampaikan pada Anda tidak hanya masuk telinga, tetapi apa yang mereka sampaikan dapat Anda mengerti, itulah hal terpenting dari mendengarkan. Jika Anda masih belum paham apa yang dibicarakan oleh rekan kerja Anda, tidak ada salahnya Anda meminta mereka untuk mengulang kembali apa yang mereka katakan. Jangan menyela atau menyerobot pembicaraan orang lain. Tunggu hingga Anda diberi kesempatan untuk berbicara atau pada waktu yang tepat. Ini juga merupakan hal penting dalam kemampuan komunikasi.

2. Tunjukkan Empati

Salah satu kemampuan komunikasi yang bisa Anda gunakan dengan efektif adalah menunjukkan empati. Tidak selamanya Anda bertemu dengan orang-orang menyenangkan yang sesuai dengan hati Anda. Sekalipun Anda menemui rekan kerja yang 'menyebalkan' tunjukkan empati Anda padanya. Apa yang dia lakukan mungkin tidak menyenangkan, tetapi di balik sikap tidak menyenangkan yang dia tunjukkan, pasti ada sesuatu di baliknya. Karena itu, tunjukkan empati Anda bahwa Anda adalah seseorang yang profesional sekaligus memiliki rasa pengertian pada rekan kerja Anda.

3. Bicara Dengan Jelas

Berbicara adalah sebuah seni. Apa yang ingin Anda sampaikan, harus dimengerti oleh orang lain, jangan malah terjadi sebaliknya. Selalu berbicara dengan nada suara yang monoton akan membuat orang lain cepat bosan, sekalipun yang Anda sampaikan adalah hal yang penting. Karena itu, selalu pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda sampaikan agar tidak terjadi 'salah tangkap'. Tunjukkan intonasi suara yang berbeda untuk hal-hal yang berbeda. Tunjukkan intonasi suara gembira, serius, sedih dan lain sebagainya dengan jelas.

4. Hati-Hati Saat Memberi Kritik

Anda tentu terbuka pada kritik apapun, harus! Tetapi Anda pasti tidak suka jika rekan kerja bahkan atasan Anda memberikan kritik dengan cara yang kurang menunjukkan etika. Misalnya saja memberi kritik dengan suara kencang di depan semua rekan kerja Anda. Maksud baik tidak akan tersalurkan dengan baik jika caranya salah. Demikian pula dengan Anda. Jika ada kritik yang ingin Anda sampaikan pada rekan kerja Anda, lakukan dengan berbicara langsung pada yang bersangkutan. Tidak perlu berteriak kencang, karena rekan kerja Anda bisa mendengar ucapan Anda dengan jelas.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bibir Anda mengucapkan kata-kata manis tetapi sudut bibir Anda menunjukkan bahwa sebenarnya Anda sedang meremehkan salah satu rekan kerja. Hati-hati dengan hal ini! Gunakan bahasa tubuh yang satu irama dengan kata-kata yang Anda ucapkan. Semua orang bisa membaca bahasa tubuh seseorang secara alami tanpa perlu membaca buku. Perhatikan juga posisi tangan saat Anda berbicara, tidak perlu membuat banyak gerakan tidak perlu. Orang yang Anda ajak bicara bisa kehilangan konsentrasi pada gerakan-gerakan tidak perlu.

6. Komunikasi Yang Baik Untuk Semua Orang

Sekalipun kemampuan komunikasi bertujuan untuk memberi sinar terang pada karir Anda, bukan berarti hanya rekan kerja dan atasan saja yang bisa menjadi perhatian Anda. Jangan lupa untuk mengucapkan "Tolong!", "Terima kasih!", dan "Maaf!" bahkan pada petugas kebersihan atau office boy di kantor Anda. Perlakukan semua orang dengan baik, dengan komunikasi terbaik. Maka percayalah, orang lain juga akan menaruh hati pada Anda dan tidak akan sungkan untuk memberi bantuan pada Anda. (vem/wsw)







ARTIKEL TERKAIT - KARIER
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...