/relationship/karier/4067-tips-menjawab-pertanyaan-sulit-saat-interview.html

Tips Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Interview

Rabu, 25 Agustus 2010 07:53



Vemale.com - "Mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama? Mengapa Anda menganggur begitu lama? Apa yang menjadi kelemahan Anda?"

Serbuan pertanyaan tersebut masih terngiang-ngiang di benak Rani. Padahal pagi tadi dia begitu percaya diri dan yakin pasti berhasil melewati fase wawancara yang ada, namun kini ia tak optimis lagi. Pasalnya saat menghadapi deretan pertanyaan di atas, Rani hanya bisa gelagapan bingung. Dia tak tahu harus menjawab apa. Pupus sudah kesempatan memiliki karir cemerlang di perusahaan satu ini, dan semua itu hanya gara-gara beberapa pertanyaan yang tak terpikirkan olehnya. Hmm, sayang sungguh sayang!

Barisan pertanyaan di atas sebenarnya hanyalah sebagian kecil saja dari berbagai pertanyaan mematikan lainnya yang umumnya diajukan saat wawancara berlangsung. Membuat para kandidat benar-benar jadi gemetar dan gugup setengah mati. Daripada berharap agar interviewer lupa menanyakan hal-hal tersebut, lebih baik bersiap diri untuk menjawabnya dengan jujur, tegas, dan berani. Guna menghadapi pertanyaan yang mampu mengguncang batin Anda, sebaiknya simak lebih dulu beberapa tips berikut.

Siapkan pertanyaan sulit juga

Seringkali bukan jawabannya yang menimbulkan perbedaan dalam sebuah ajang wawancara, namun sikap dan atmosfer kegugupan yang mereka tangkap dari kandidat saat pertanyaan tersebut diajukan. Saat menjawab, Anda bisa meminimalkan rasa gugup yang timbul dengan menyiapkan jawaban dan melatih diri menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan.

Setelah Anda menemukan pertanyaan yang paling ditakutkan, maka berlatihlah menjawabnya di depan cermin. Hal ini mungkin aneh, namun sangat efektif lho! Pelatihan ini memungkinkan Anda untuk dapat menjawab dengan singkat sambil tetap percaya diri.

'Serang' lebih dulu

Mulanya kebanyakan interviewer akan membuka acara wawancara dengan melihat resume atau melemparkan pertanyaan macam "Coba ceritakan tentang diri Anda". Ini adalah sebuah kesempatan untuk sekaligus menjelaskan mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama, mengapa Anda menganggur begitu lama, bahkan memaparkan sedikit informasi tentang kelemahan diri. Dengan begitu penanya takkan mendapatkan kesempatan untuk menembakkan pertanyaan maut ini lagi. Ceritakan diri sesingkat mungkin.

Pastikan jawaban tetap konsisten

Jika Anda diwawancarai oleh lebih dari seorang interviewer, maka jawablah pertanyaan yang sama dengan jawaban yang sama pula. Seringkali perusahaan mengajukan beberapa penanya untuk mengetes apakah pelamar tersebut benar-benar jujur atau tidak. Mungkin Anda merasa bosan dan tergoda untuk berkreasi dengan jawaban, namun dalam pandangan interviewer itu bukanlah sikap yang bijak.

Berlatih, percaya diri, dan jawab semua pertanyaan dengan jujur dan singkat, itulah kunci kesuksesan Anda. Selamat berjuang! (vem/meg)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - KARIER
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...