Sukses

Parenting

5 Aktivitas Yang Sering Disepelekan Tapi Bikin Sperma Loyo

Bagi setiap pasangan yang telah menikah, memiliki buah hati tentu menjadi impian dari kedua pasangan. Tapi sayang, tidak semua pasangan bisa lekas hamil dan mendapatkan buah hati. Bisa saja, hal ini terjadi karena ketidaksuburan pasangan. Perlu kita tahu, sebenarnya tidak hanya wanita saja yang tidak subur dan kesulitan untuk hamil. Dalam beberapa kasus, pria juga mengalami ketidaksuburan hingga menyebabkan sang istri tak kunjung hamil. Dikutip dari laman health.com, ketidaksuburan pada pria sering terjadi karena kualitas sperma yang buruk.

Dan untuk baik buruk kualitas sperma, pada dasarnya sering kali disebabkan oleh beberapa aktivitas. Aktivitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Sering Mandi Air Panas

    Bagi pria yang suka mandi air panas, cobalah untuk mengurangi aktivitas ini. Karena apa? Karena, study mengungkapkan jika mandi air panas bisa menyebabkan buruknya kualitas sperma. Seorang urolog bernama Paul Shin dari Washington, DC mengungkapkan jika, "Paparan air panas pada testis atau organ intim pria bisa berdampak terhadap kualitas sperma untuk waktu yang lama. Pada dasarnya, sperma butuh waktu yang lama agar ia bisa tumbuh dewasa dan membuahi sel telur wanita dengan baik.

    Jika testis terkena air panas terlalu sering, hal ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan sperma dan membuat kualitas sperma tidak maksimal." Penelitian yang dilakukan di tahun 2007 bahkan menyebutkan jika berendam air panas sedikitnya selama 30 menit bisa menurunkan kualitas sperma lebih cepat.

    Penggunaan Laptop

    Di zaman modern seperti saat ini, laptop dan segala gadget lainnya menjadi kebutuhan utama dari sebagian besar orang. Tapi nih ya, penggunaan laptop yang terlalu sering apalagi memangku laptop terlalu sering dikatakan bisa menurunkan kualitas sperma pada pria. Menurut penelitian yang dilakukan di State University of New York di Stony Brook menemukan jika penggunaan laptop bisa meningkatkan suhu skrotum hingga 35 derajat.

    Peningkatan suhu inilah yang dipercaya sangat berpengaruh pada kualitas sperma. Tak hanya buruk bagi kualitas sperma pria, penggunaan laptop juga akan berpengaruh pada kesuburan wanita. So, usahakan untuk menggunakan laptop seperlunya saja ya. Kalau pun terpaksa harus berada di depan laptop selama sehari penuh, usahakan untuk menjaga pola makan dan tetap miliki istirahat.

    Penggunaan Celana Yang Salah

    Dr Danzer mengatakan jika penggunaan celana yang salah juga akan berpengaruh pada kualitas sperma. Celana dalam yang terlalu ketat memiliki dampak buruk bagi kualitas dan jumlah sperma. Sangat disarankan agar para pria memilih celana dalam yang tepat dan tidak terlalu ketat agar kesuburan yang ia miliki maksimal. Bukan hanya pria, wanita juga sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana dalam yang terlalu ketat.

    Konsumsi Alkohol, Rokok dan Obat Terlarang

    Aktivitas selanjutnya yang sangat berpengaruh pada kualitas sperma adalah kebiasaan buruk konsumsi minuman beralkohol, rokok dan obat terlarang. Tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh secara umum, dampak negatif alkohol, rokok dan obat terlarang juga berpengaruh besar terhadap kualitas sperma. Bukan hanya berpengaruh pada kualitas sperma pria, rokok, minuman beralkohol maupun obat terlarang juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Jadi, usahakan untuk menghindari hal ini jika kamu ingin tetap subur dan mudah hamil ya.

    Olahraga Terlalu Berat

    Olahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi, jika olahraga ini dilakukan terlalu berat dengan intensitas yang terlalu padat, hal ini justru akan membuat kualitas sperma tidak baik. Penelitian menyebutkan jika olahraga yang terlalu berat bisa menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Karena peningkatan suhu tubuh inilah, kualitas sperma bisa saja menurun dan tak sebaik sebelumnya. Para peneliti menyarankan agar olahraga dilakukan sewajarnya saja dan jangan berlebihan jika ingin kualitas sperma selalu dalam keadaan baik.


Itulah beberapa aktivitas yang bisa menyebabkan kualitas sperma pada pria menurun. Tak hanya membuat kualitas sperma menurun, aktivitas ini juga mengurangi kualitas kesuburan wanita. Selain aktivitas di atas, aktivitas lain yang juga sangat berpengaruh pada kualitas sperma dan kesuburan adalah, pola makan yang tidak sehat, kekurangan vitamin C, penggunaan ponsel, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan antibiotik, obesitas dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading