Sukses

Parenting

Sst.. Ini Dia Fakta Seputar Sperma Yang Wajib Anda Ketahui

 

Sperma yang diproduksi pria menyimpan misteri yang tidak banyak diketahui orang. Banyak juga rumor yang beredar luas seputar sperma di masyarakat, mana sajakah yang merupakan fakta? Berikut beberapa fakta seputar sperma menurut para ahli, seperti dilansir Womenshealthmag.com.

    Dapat bertahan lama dalam tubuh wanita

    Sperma dapat bertahan selama 2 hari dalam organ reproduksi wanita. Bahkan, sperma dapat bertahan hingga 5 hari jika kondisi di area rahim sangat mendukung. Pada masa subur atau ovulasi pada wanita, keadaan rahim akan sangat mendukung bagi sperma untuk dapat bertahan.

    Suhu dapat menurunkan jumlah sperma

    Sperma akan menurun jumlahnya saat suhu meningkat. Karena itu, pria tidak dianjurkan untuk berendam air panas ataupun memangku laptop dan benda panas lainnya. Jumlah sperma paling banyak adalah pada saat musim dingin dan menjadi paling sedikit saat musim panas.

    Sperma pembawa kromosom X dan Y berbentuk sama

    Sperma yang membawa kromosom Y akan membuat jenis kelamin anak menjadi pria, dan sperma pembawa kromosom X akan membuat anak berjenis kelamin wanita. Kedua kromosom tersebut memiliki bentuk dan pergerakan yang sama, sehingga kemungkinan untuk jenis kelamin anak yang dihasilkan juga sama besar.

    Jumlah paling banyak di awal

    Saat pertama kali ejakulasi terjadi, saat itulah jumlah sperma terbanyak dikeluarkan. Jumlahnya akan terus menurun hingga proses ejakulasi berhenti.

Pola makan dan pola hidup sehat juga sangat berpengaruh dalam produksi sperma pria. Karena itu, pastikan suami Anda memilih pola hidup dan pola makan sehat serta menghindari kebiasaan buruk seperti merokok agar kualitas dan kuantitas sperma tetap terjaga.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading