Sukses

Parenting

Yuk Ketahui Lebih Jauh Tentang Hormon Perempuan Dan Pengaruhnya

Menjelang menstruasi, emosi seringkali naik-turun. Jerawat muncul di mana-mana diiringi dengan nafsu makan yang membabi-buta. Tak hanya itu, para perempuan di masa ini juga menjadi lebih sensitif, mudah menangis tanpa sebab.

Kemudian kita sering beralasan, "Iya nih, hormonku lagi nggak stabil." Hmm, sebetulnya apa dan bagaimana sih hormon dalam tubuh perempuan bekerja? Apakah benar hanya hormon estrogen dan progesteron saja yang dimiliki perempuan? Yuk kita kupas dalam 4 hal yang wajib diketahui tentang hormon perempuan, seperti yang dilansir oleh howstuffworks.com ini:

    Perempuan Juga Punya Hormon Testosteron Lho!

    Umumnya kita tahu perempuan memiliki hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya. Estrogen adalah hormon seksual utama dalam tubuh perempuan, termasuk hormon yang memicu pertumbuhan payudara dan siklus menstruasi. Progesteron adalah hormon yang membantu rahim untuk menyuburkan embrio saat hamil. Tetapi perempuan juga punya hormon testosteron yang berfungsi kekuatan tulang dan otot sekaligus gairah seksual.

    Level Hormon Tiap Perempuan Berbeda/title]

    Sementara tiap perempuan memiliki hormon yang sama dalam tubuhnya, namun ternyata levelnya berbeda-beda bergantung pada siklus menstruasi dan usianya. Pada usia produktif, perempuan memiliki sekitar 50 hingga 400 picogram estrogen dalam darahnya. Inilah yang membuat mood tiap-tiap perempuan bervariasi.

    Tentang Keseimbangan Hormon

    Saat level estrogen rendah, perempuan akan kehilangan kepadatan tulangnya sehingga memperbesari risiko osteoporosis. Sementara itu, estrogen yang tinggi juga dapat memicu risiko kanker payudara. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat anti-estrogen sebagai terapi untuk menyeimbangkan hormon.

    Laki-Laki Juga Punya Hormon Perempuan

    Estrogen dan progesteron identik dengan perempuan. Tetapi, sama seperti hormon testosteron yang dimiliki perempuan, laki-laki juga memiliki hormon perempuan meskipun jumlahnya kecil. Pada laki-laki, hormon estrogen ini berasal dari testosterone yang bercampur enzym yang disebut aromatose. Hormon ini berkontribusi dalam sistem reproduksi dan berpengaruh pada perilaku laki-laki lho.

Nah, itu dia sekian fakta tentang hormon perempuan. Mengetahui tentang hormon perempuan ini sangatlah penting karena tak hanya berhubungan dengan perilaku, tetapi juga berkaitan erat dengan kesehatan reproduksi perempuan.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading